Tuesday, December 6, 2011

Strategi Meningkatkan Penjualan

Views :269 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 06 Desember 2011 09:20
penjualan1211Meningkatnya penjualan merupakan salah satu indikasi bisnis Anda memiliki prospek yang cerah. Tentunya, banyak  strategi dilakukan untuk menarik minat pembeli. Baik untuk meningkatkan penjualan dan menambah profit ataupun sebagai strategi penjualan produk baru.

Seperti dikutip dari mysmallbiz.com, Anda dapat menawarkan harga yang lebih murah dari harga pasar untuk produk yang sama. Atau jika Anda bergerak di bisnis ritel, jika konsumen melakukan pembelian dengan jumlah besar akan memperoleh harga yang lebih murah, berbeda dengan harga eceran.

Strategi menentukan harga dalam penjualan sangat menentukan. Jangan sampai produk yang ditawarkan tidak laku karena terlalu mahal dari produk serupa dengan kualitas yang sama. Demikian juga dalam menyikapi kenaikkan harga. Ketika bisnis Anda dihadapkan dengan keadaan dimana tidak ada pilihan lain yaitu menaikkan harga jual.

Memang tidak mudah menghadapi situasi seperti ini. Diperlukan strategi untuk menetapkan kenaikan harga. Pelanggan pun kadang kala menolak kenaikkan yang cukup tinggi, mereka meminta untuk kenaikkan dilakukan secara bertahap atau diberi kesempatan untuk sekali pengambilan dengan memakai harga lama. Hal ini juga merupakan strategi yang digunakan agar pelanggan tidak beralih kepada pesaing Anda.

Di dalam penjualan kenaikan harga memang tidak bisa dihindari. Tetapi dengan hubungan yang terjalin dengan baik antar manajemen, bagian penjualan dan pelanggan maka hal ini dapat dihadapi bersama-sama. Bahkan karena hubungan baik yang sudah terjaga antara bagian penjualan dan pelanggan maka pelanggan percaya saja dengan harga yang diberikan. Sebab itu sangat pentingnya untuk menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Di samping promosi yang efektif untuk mempromosikan produk yang ada.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/13274-strategi-meningkatkan-penjualan.html

No comments:

Post a Comment