Saturday, December 17, 2011

Trik Menganalisis Kompetitor

Views :817 Times PDF Cetak E-mail
Sabtu, 17 Desember 2011 11:18
business-analysisDunia bisnis sarat akan persaingan. Sebagai entrepreneur, penting untuk menyikapi persaingan sebijak mungkin. Karena bila bisa disiasati dengan baik, persaingan bukan tak mungkin akan lahirkan inovasi dan berbuntut pada kesuksesan bisnis Anda. Erat hubungannya dengan persaingan, ada baiknya pelaku usaha melakukan analisis kompetitor dengan langkah-langkah sebagai berikut :

Mengenal pesaing
Kenali pesaing, karakter serta pengalamannya dalam berbisnis. Cari tahu pula siapa yang sebenarnya menjadi pesaing utama Anda, pesaing tingkat kedua dan juga pesaing secara tidak langsung.

Menganalisis kekuatan dan kelemahan
Setelah mendata para kompetitor secara lengkap, tentukan kelemahan serta keunggulan masing-masing. Apa strategi pemasarannya, bagaimana promosinya, apa produk andalannya dan mengapa produk itu diminati konsumen, dan lain sebagainya.

Mencermati peluang dan ancaman
Dalam hal ini, peluang dan ancaman ditempatkan pada kategori yang luas seperti misalnya perkembangan teknologi, faktor-faktor ekonomi atau kemungkinan lahirnya para pesaing baru.

Menetapkan kedudukan perusahaan
Dengan menetapkan kedudukan perusahaan dalam kancah dunia perbisnisan, Anda bisa mengetahui di mana posisi perusahaan di tengah ketatnya persaingan tersebut. Dengan demikian, selaku pemilik bisnis, Anda dapat menetapkan strategi, misalkan evaluasi untuk memeroleh hasil yang lebih baik, melakukan inovasi dan lainnya, agar terlolos dari persaingan itu. (*ely/dari berbagai sumber)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/amankan-bisnis/13505-trik-menganalisis-kompetitor-.html

No comments:

Post a Comment