Tuesday, November 8, 2011

Mengelola Masukan dan Pertanyaan Pelanggan

Views :343 Times PDF Cetak E-mail
Senin, 07 November 2011 15:35
customer-serviceApapun jenis bisnis Anda, layanan konsumen merupakan bagian penting dalam menunjang kesuksesan. Tentunya, pelayanan konsumen selalu ingin Anda tingkatkan. Namun, dengan kendala dana yang terbatas, Anda harus menerapkan strategi yang baik dan tepat untuk mewujudkan target tersebut.

Seringkali pelanggan bertanya mengenai produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Tentunya, hal tersebut harus ditanggapi dengan cepat. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengelola masukan dan menjawab pertanyaan para pelanggan:

1. Lakukan survei

Survei adalah daftar pertanyaan untuk pelanggan mengenai produk dan jasa Anda. Dengan melakukan survei pelanggan, Anda dapat belajar bagaimana menjaga dan menyenangkan pelanggan Anda.

2. Formulir tanggapan

Seperti survei, formulir tanggapan pelanggan akan memberikan umpan balik berupa pendapat para pelanggan. Dengan menggunakan formulir tanggapan, pelanggan dapat memberikan informasi miring karena pelanggan lebih mungkin menggunakan formulir tersebut untuk mengajukan keluhan bukan untuk menawarkan pujian.

3. Online chat

Layanan online chat memungkinkan pelanggan Anda menyampaikan keluhan dan pertanyaan dengan cepat. Dengan metode ini, pelanggan akan lebih merasa diperhatikan keluhan dan masukannya.

4. Hotline

Layanan hotline yang Anda sediakan memungkinkan pelanggan menyampaikan keluhan dan pertanyaan melalui telepon. Pastikan karyawan Anda memiliki pengetahuan mengenai produk atau jasa yang Anda jual.

5. FAQ

Jika layanan pelanggan Anda memiliki daftar pertanyaan yang sering diajukan, Anda dapat memuat hal tersebut dalam FAQ website bisnis Anda. Hal ini juga akan menjadi alat yang berguna bagi pelanggan untuk menemukan jawaban tanpa harus bertanya.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/53-pelayanan-konsumen/12587-mengelola-masukan-dan-pertanyaan-pelanggan.html

No comments:

Post a Comment