Saturday, November 5, 2011

Cara Menganalisa Kekuatan dan Kelemahan Iklan

Views :366 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 04 November 2011 10:18
ad-billboard1111Menganalisa kekuatan dan kelemahan iklan melibatkan berbagai aspek berbeda dari iklan tersebut. Apakah iklan tersebut bertujuan menjual produk atau menawarkan jasa. Pisahkan iklan menjadi beberapa kategori yang berbeda sehingga memungkinkan menganalisa kekuatan serta kelemahannya.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menganalisa hal tersebut:       

1. Evaluasi desain dasar iklan. Nilailah warna, gambar, latar belakang dan teks. Jika elemen-elemen tersebut menarik untuk dilihat, maka desain adalah suatu kekuatan. Jika tidak, desain bisa menjadi kelemahan dari iklan.

2. Analisa "mood" iklan. Suasana mengacu pada perasaan bahwa iklan tersebut memberi gambaran. Menilai perasaan bahwa iklan tersebut memberi suasana untuk memiliki atau menikmati ketika melihatnya.

3. Menilai simbol dalam iklan. Seringkali, iklan menggunakan objek untuk mewakili gaya hidup atau ide besar. Sebagai contoh, mobil bisa menjadi simbol untuk kesuksesan, atau bayi tidur dapat melambangkan perdamaian. Simbol dalam iklan harus halus, tetapi harus menggambarkan ide-ide besar.

4. Tanyakan pada diri Anda jika Anda ingin membeli produk yang diiklankan. Setelah Anda menjawab pertanyaan ini, cobalah untuk menganalisa mengapa Anda menginginkan atau tidak dalam membeli produk. Anda harus mampu menghasilkan daftar alasan iklan yang menjual atau yang gagal menjual.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/12515-cara-menganalisa-kekuatan-dan-kelemahan-iklan.html

No comments:

Post a Comment