Hits : 1375 |
Kamis, 03 November 2011 13:33 |
Kualitas
layanan pelanggan akan memiliki dampak yang signifikan terhadap
pendapatan perusahaan. Pemilik bisnis dan manajer sering kali tidak
menyadari bagaimana tingkat layanan pelanggan konsumennya, kecuali
keluhan diluncurkan atau pujian diterima. Untuk memberikan layanan
pelanggan tingkat tinggi secara konsisten, manajer dan pemilik dapat
menggunakan beberapa teknik untuk mengukur kualitas layanan pelanggan di
tempat usaha mereka. Berikut beberapa instruksi yang dapat Anda jalankan untuk mengetahui seberapa bagus layanan pelanggan yang karyawan Anda berikan: 1. Mengevaluasi pelayanan "rata-rata" dalam bisnis. Rata-rata, yakni berapa lama pelanggan menunggu dalam antrean? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memproses pesanan pelanggan? Berapa banyak transaksi diproses setiap hari? Berapa banyak laporan atau pujian yang dihasilkan oleh pelanggan pada hari tertentu? Angka-angka ini dapat memberikan sebuah patokan untuk mengukur kualitas layanan pelanggan. 2. Survei pelanggan saat ini. Hal ini dapat dilakukan melalui email, situs perusahaan, panggilan telepon atau kartu survei. Dalam survei pelanggan, Anda dapat meminta masukan tentang berbagai masalah layanan pelanggan seperti harga, kualitas, dan keramahan karyawan. 3. Survei pelanggan masa lalu. Mantan pelanggan kemungkinan akan terbuka tentang mengapa tidak mau menjadi pelanggan lagi. Carilah tren dalam umpan balik yang diberikan oleh pelanggan masa lalu tersebut. Apakah pengiriman keluhan yang sering lambat? Kekasaran atau kurangnya pengetahuan produk oleh karyawan? Identifikasikan tren tersebut dan temukan cara untuk meningkatkan kekurangan. 4. Gunakan pembeli "misteri" yang dikirim ke tempat usaha untuk mengaku sebagai pelanggan dan mengevaluasi kehidupan nyata tingkat layanan pelanggan. Pembeli misteri dapat diminta untuk mengikuti "pengalaman pelanggan yang normal" untuk mengetahui tingkat kepuasan layanan pelanggan. |
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/53-pelayanan-konsumen/12497-cara-mengetahui-tingkat-layanan-pelanggan.html
No comments:
Post a Comment