Tuesday, November 29, 2011

9 Langkah Mengaktifkan Semangat Entrepreneurial

Views :1249 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 29 November 2011 15:11
Entrepreneurial-SpiritBisnis telah berjalan. Anda memiliki beberapa pegawai andal. Tapi di tengah jalan, masalah demi masalah berdatangan hingga membuat Anda kewalahan. Semangat meraih sukses yang semula menggebupun luntur dalam sekejab. Pernahkah Anda merasakannya? Jangan khawatir, kondisi itu lumrah terjadi dalam dunia bisnis. Tapi jangan sampai berlarut-larut. Segera ambil tindakan.

Sulit memang menghembuskan nafas semangat sesegera mungkin dalam benak kita setelah terjatuh. Tapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Bila terbiasa mengaktifkan semangat entrepreneurial setiap hari, hal itu akan lebih mudah dilakukan. Tapi, bagaimana caranya? Kevin O’Connor, salah satu pendiri DoubleClick sekaligus CEO FindTheBest, mesin pembanding data yang didirikan di Santa Barbara, AS, mengungkap 9 langkah dalam mengaktifkan semangat entrepreneurial. Berikut ulasannya yang terbagi menjadi 3 tahapan seperti dilansir dari laman Mashable Business.

Ketika Menjadi Entrepreneur Pemula
  1. Percaya diri dan tetap pada keyakinan. Jika memilih jalan entrepreneurial, Anda harus berpegang teguh pada keyakinan tersebut dan sebisa mungkin tidak mengubahnya meski sedang berada dalam kondisi yang tak menguntungkan. Jangan sampai kehilangan harapan.
  2. Lakukan inovasi secara konstan. Entrepreneur sukses jarang yang hanya menciptakan satu produk inovatif, tapi sebaliknya, mereka berkarya dan berinovasi secara konstan. Ide inovatif itu memang takkan timbul setiap kali mencipta, dalam pelaksanaannya ide kurang menguntungkan juga bermunculan. Meski demikian, tetaplah berusaha dan jangan mudah menyerah.
  3. Bergerak cepat. Inovator yang sukses akan mencipta dengan cepat sebab mereka tahu waktu sangat berharga. Anda mungkin memiliki ide senilai jutaan dolar tapi jika tak segera diterapkan ide itu takkan mungkin berharga lagi buat Anda. Kompetitor bisa saja mengimplementasikannya terlebih dahulu.

Ketika Mendorong Terciptanya Inovasi dalam Perusahaan
  1. Memberi penghargaan. Ciptakan lingkungan kerja di mana pegawai yang berbakat dan beride cemerlang bisa memeroleh promosi tanpa harus mengindahkan usia, pengalaman atau jabatan. Hal ini tak hanya akan menciptakan lingkungan kerja yang sehat tapi juga dapat mendorong pegawai agar bisa lebih berpartisipasi menjalankan visi perusahaan.
  2. Adakan tukar pendapat. Mengadakan brainstorming dengan pegawai merupakan cara tercepat untuk memeroleh ide terbaik. O’Connor menciptakan teknik Brainstorm Prioritization Technique di perusahaannya dengan beberapa proses di dalamnya yaitu mendefinisikan serta mempertajam tujuan, mendorong arus brainstorming, mengklarifikasi ide dan terakhir membiarkan anggota tim memilih ide yang dianggap terbaik.
  3. Menjadi panutan. Sebagai pemimpin, Anda harus bisa menjadi panutan bagi para karyawan. Jika tak bisa menciptakan ide inovatif, Anda akan kesulitan memeroleh tim yang juga inovatif.

Ketika Mempekerjakan Inovator
  1. Cegah pertanyaan umum. O’Connor menjelaskan bahwa dirinya terbiasa menanyakan pertanyaan yang tak umum saat mewawancara calon pekerja. Itu karena menurutnya, pertanyaan yang umum biasanya menghasilkan jawaban yang sudah bisa ditebak. Untuk mengukur kepercayaan diri calon pekerja, O’Connor akan bertanya padanya, “Apakah Anda cerdas?” Reaksi yang ditimbulkan dari pertanyaan itulah jawaban yang sebenarnya.
  2. Jangan langsung menyingkirkan pembangkang. O’Connor juga menjelaskan bahwa dirinya tak akan langsung menyingkirkan kandidat pegawai yang memiliki sifat pembangkang terhadap peraturan. Ia takkan langsung menilai buruk kandidat yang mempunyai riwayat pernah dipecat dari perusahaannya karena bersitegang dengan atasan. Bagi O’Connor, inovator biasanya mempunyai keinginan untuk berenang melawan arus.
  3. Lihat sejarah karirnya. Cari tahu apakah si calon pegawai pernah melakukan hal yang memberi dampak besar bagi perusahaan terdahulu atau apakah ia pernah menciptakan inovasi sebelumnya? Langkah ini bisa menjadi pertanda baik bahwa Anda mempekerjakan orang yang benar-benar tepat. (*/ely)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/pendidikan/serba-serbi/165-entrepreneurship/13123-9-langkah-mengaktifkan-semangat-entrepreneurial.html

No comments:

Post a Comment