Tuesday, November 22, 2011

Adit Uriono, Sukses dengan Bisnis Tas Motor

Views :180 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 22 November 2011 11:30
Para pengendara sepeda motor atau biker yang hobi melakukan touring sering dipusingkan dengan barang bawaan. Maklum, tak seperti mobil, sepeda motor memiliki ruang kosong yang terbatas.

tas_motorNamun, minimnya ruang kosong justru mendatangkan peluang. Berawal dari hobi touring, Adit Uriono mendapatkan ide untuk membuat tas sepeda motor berbentuk backpack yang dapat diletakkan di tangki sepeda motor dan belakang jok sepeda motor. Pembuatan tas skala rumahan ini mampu mendulang omzet hingga puluhan juta rupiah.

Adit memulai bisnis tas sepeda motor ini pada 2008 lalu. Namun, baru benar-benar fokus pada tahun lalu ketika dia meluncurkan merek tas sepeda motor 7Gear. "Awalnya, saya hanya memproduksi dalam jumlah sedikit, karena melihat pasar dulu," ujar Adit seperti dikutip dari Kontan Online.

Tas sepeda motor 7Gear ini memiliki beberapa model, antara lain seperti city tank bag yang berupa tas model selempang. Kedua sisi tas berbentuk sayap tempat melekatnya magnet. Magnet ini berfungsi untuk merekatkan tas di sepeda motor, bisa di bagian depan (tangki sepeda motor) atau bagian jok. Tas model ini harganya Rp 275.000 per buah. Tas selempang lainnya adalah enduro tank bag yang dibanderol dengan harga Rp 350.000 per unit. Tas ini serupa dengan city tank bag, bedanya pada tambahan kantong sisi kiri dan kanan tas.

Selain model selempang, Adit juga mengeluarkan model nusantara tank bag yang bisa disulap menjadi tas backpack. Harga tas jenis ini sebesar Rp 300.000 per buah. Dengan bantuan 15 karyawan tetap dan beberapa karyawan outsourcing, saban bulan Adit mampu membuat sekitar 300 tas sepeda motor. Tiap bulan, Adit pun menangguk omzet hingga Rp 90 juta.

Sayang, pemasaran 7Gear baru terbatas di Jakarta dan Bandung. Kini, ia sedang menjajal pemasaran lewat dunia maya. Baru-baru ini, Adit pun menerima pesanan tas sepeda motor dari Thailand dan Malaysia. (*/Gentur)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/manufaktur/12953-adit-uriono-sukses-dengan-bisnis-tas-motor.html

No comments:

Post a Comment