Saturday, November 12, 2011

Langkah-langkah Membuat Merek Dagang

Views :301 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 11 November 2011 16:14
Salah satu aset yang paling penting dalam mengembangkan bisnis anda adalah merek dagang yang mempunyai pengaruh kuat. Merek dagang bukan hanya sekadar suatu logo atau berisi kata-kata semata. Merek dagang adalah suatu puncak yang menunjukkan siapakah Anda, apa yang membedakan Anda dari pesaing lain, dan mengapa seorang pembeli harus membeli produk atau memanfaatkan jasa Anda.

merek1111Meski perusahaan Anda termasuk perusahaan kecil yang baru mulai dari awal, suatu merek dagang harus memiliki dampak yang besar. Merek menanamkan kepercayaan diri, menciptakan kesetiaan, dan sering kali mendapatkan harga yang melebihi harga nominal. Secara keseluruhan, suatu merek dagang yang baik mengurangi risiko persepsi pembeli dan membuat penjualan semakin mudah.

Mengembangkan suatu merek dagang lebih dari sekadar memutuskan nama apa yang tepat atau warna apa yang cocok. Suatu merek dagang adalah penjumlahan dari apa yang telah anda lakukan. Hal ini diperoleh dari kedekatan anda dengan pelanggan dan prospek masa depan. Mengembangkan suatu merek dagang membutuhkan suatu rencana yang secara terus-menerus membutuhkan wujud nyata Anda, kesan Anda, dan kepribadian Anda.

Di dalam StartupNation: Open for Business, diperkenalkan suatu konsep dari “barisan merek dagang” --sesuatu yang konsisten, secepatnya dapat dikenal dan memiliki kesan yang dapat menyampaikan suatu pesan yang jelas dan mendorong.

Konsultan merek dagang dan penulis Karen Post, membandingkan gagasan ini menjadi suatu “tato otak” --meletakkan disana oleh karena pilihan, tetapi pasti dapat dibuang kapan saja. Ini adalah nama dari buku terakhirnya, "Brain Tattoos, Creating Unique Brands" yang mengacu kepada pikiran pelanggan Anda. Bukunya belajar dari ide-ide kreatif perusahaan sehingga orang lain dapat membangun dan mempengaruhi merek dagang mereka.

Dalam langkah-langkah di bawah ini, terdapat beberapa rekomendasi Karen Post dan aksi pokok dalam membuat suatu merek dagang yang luar biasa:
1. Buatlah konsep atau intisari DNA merek dagang Anda
2. Definisikan dan hubungkan ke dalam target Anda
3. Pilihlah satu nama merek dagang
4. Ciptakan sebuah logo
5. Ciptakan suatu situs web
6. Buat sebuah daftar bagi relasi Anda yang lain
7. Ciptakan suatu permintaan bagi merek dagang Anda

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/12701-langkah-langkah-membuat-merek-dagang.html

2 comments:

  1. Salam kenal GAY / BISEX / HOMOSEKSUAL Indonesia

    saya seorang Gay 27th. Komunikatif. Berwawasan.
    Dewasa & sopan.
    Kali ini, saya sangat ingin sekali punya sahabat / kenalan yg mungkin berkecimpung di dunia fashion. Baik pakaian, sepatu, aksesoris,dll...
    Baik anda produsen? Distributor? Pramuniaga? Apa aja yg berkaitan dg fashion, saya ingin kenal...
    Mungkin kita bisa share? Tukar informasi? Atau kerjasama positif, jika memungkinkan!
    Jujur saya bukan seorang fashionable, & style saya sendiri sangat minimalis. tapi saya ada ketertarikan setelah melihat sektor" disekeliling saya.
    Saya ad niat baik, jika diizinkan.
    & bila anda pria yg dimaksud, ataupun diluar dari komunitas,
    ayo kita kenalan & membangun silahturahmi,
    silahkan dikontak saya : O-8-5-6-6-4-6-O-O-7-8-5

    ReplyDelete
    Replies
    1. minta tipsx dan petunjuk untuk memulai usaha kaos dan sablon. hub, harpabios95@gmail.com

      Delete