Friday, November 25, 2011

Memilih Pengacara yang Tepat untuk Bisnis Anda


Views :129 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 25 November 2011 09:36
business-meetingBagaimana memilih penasihat hukum atau pengacara yang tepat bagi bisnis Anda? Jawabannya tergantung pada banyak sekali variabel sehingga mari kita anggap bahwa Anda memiliki sebuah perusahaan baru dengan teknologi tinggi yang sedang mencari modal dengan target sekitar Rp 100 juta atau lebih dalam 5 tahun mendatang, yaitu materi pemodal ventura. Berikut adalah beberapa hal yang patut diperhatikan sebelum memilih penasihat hukum seperti yang dikemukakan oleh Akira Hirai, seorang pakar bisnis baru.

Pertama-tama, Anda membutuhkan seorang pengacara sekuritas yang dapat diandalkan. Ia bertugas untuk memastikan bahwa Anda memilih bentuk usaha yang tepat, memastikan Anda mendirikan bisnis di lokasi yang tepat, merancang dokumen inkorporasi, mengulas atau membuat perjanjian kerahasiaan bisnis, mengulas atau menyusun kontrak-kontrak dengan para mitra di fase awal usaha (dengan cara yang paling ramah investor), menyusun sebuah rencanan opsi saham karyawan, memberikan saran  mengenai bagaimana untuk menyusun pembukuan yang benar, membantu Anda menyiapkan pengumpulan modal dengan cara yang tidak melanggar hukum dan banyak lagi yang lain. Pengacara sekuritas Anda, singkatnya, membantu memastikan bahwa bisnis Anda berjalan sebagaimana mestinya. Pengacara yang cocok dan serasi dengan selera Anda bisa menjembatani Anda menuju investor potensial.

Akhirnya, seorang pengacara yang elegan bisa membuat investor tertarik untuk berinvestasi, kadang tanpa alasan yang kuat selain karena mengenal nama atau reputasi baiknya. Kedua, Anda mungkin akan membutuhkan pengacara yang khusus menangani hak kekayaan intelektual. Ia bertugas mengurusi pendaftaran merek dagang Anda, menyiapkan dan mengajukan permohonan hak paten ke Dirjen HAKI, dan mengembangkan sebuah strategi kepemilikan intelektual yang masuk akal. Urusan-urusan hukum bisa sangat rumit dan Anda hampir selalu harus bersandar pada penasihat hukum yang tepercaya dan berpengalaman. Jika Anda belum mampu mengalokasikan dana untuk jasa penasihat hukum, mulai bisnis sembari menyiapkan semua dokumen hukum yang diperlukan dan siapkan juga draft awal tetapi pastikan pula Anda mendapatkan koreksi dan perbaikan dari mereka yang berpengalaman.

Saat memilih penasihat hukum, pastikan untuk memeriksa referensinya, lakukan wawancara setidaknya 3 dari pengacara yang bisa Anda temui secara mendalam sebelum memilih, dan jangan takut untuk menanyakan pertanyaan sulit Anda. Akhirnya, pastikan untuk memilih seseorang yang bisa Anda percaya dan terbuka untuk berkomunikasi dengan Anda. (*/Akhlis)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/amankan-bisnis/13024-penasihat-hukum-seperti-apa-yang-anda-butuhkan.html

No comments:

Post a Comment