Friday, November 25, 2011

Gunakan Pelanggan untuk Mempromosikan Produk Anda

Views :147 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 25 November 2011 15:08
Metede pemasaran yang paling efektif untuk bisnis yang baru mulai dirintis adalah promosi dari mulut ke mulut. Jika Anda ingin mempromosikan bisnis laundry, Anda bisa memulainya dengan memberi tahu tetangga sekitar atau teman-teman Anda. Orang lain adalah media yang baik sebagai penyambung promosi usaha Anda. Karena itulah, konsumen-konsumen pertama Anda harus benar-benar dilayani, sehingga mereka puas dan secara sukarela menyampaikan keunggulan pelayanan Anda kepada koleganya.

wordmoutMasalahnya, ada orang-orang yang menyampaikannya secara meyakinkan, tapi ada juga orang yang malah membuat produk Anda terlihat tidak istimewa. Karena itulah produk-produk besar seringkali menggunakan selebriti untuk mengiklankan produk mereka.

Tapi untuk bisnis kecil tentu Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membayar selebriti. Penelitian di dunia pemasaran menunjukkan bahwa komunikasi efektif seseorang kepada banyak orang lainnya adalah sarana penjualan yang terbaik. Lalu bagaimana cara mengidentifikasi orang mana yang tepat untuk melakukan ini? Berikut triknya.

• Orang yang antusias

Klien bisnis Anda adalah sarana pemasaran Anda. Temukan klien yang sudah antusias tentang bisnis Anda. Mereka biasanya langsung tertarik saat diajak berbincang tentang ranah bisnis Anda. Mereka biasanya banyak bicara dan banyak bertanya. Jika mereka adalah orang yang antusias, namun tidak tahu banyak tentang ranah bisnis Anda, Anda hanya tinggal perlu ‘memanfaatkannya’ saja.

• Cari pelanggan yang dapat dipercaya

Biasanya pelanggan semacam ini bisa dimintai pendapat dan dapat memberikan saran-saran. Mereka biasanya adalah orang-orang yang jujur. Jika mereka berkata bahwa kemasan produk Anda terlihat kuno, Anda tidak perlu tersinggung. Komentar mereka itulah yang menjadi kunci bahwa mereka akan mau merekomendasikan produk Anda.

• Luas jaringan atau kenalan mereka

Ada orang-orang tertentu yang memiliki kepribadian seorang reporter. Mereka selalu ingin menyampaikan sesuatu kepada orang lain. Mereka talkative secara verbal lisan maupun tulisan. Seorang blogger biasanya memiliki kepribadian ini. Atau bahkan mungkin tukang salon. Salon biasanya adalah tempat ngerumpi. Ada berapa banyak tukang salon yang senang berbincang panjang lebar dengan pelanggan setianya sembari mencukur rambut mereka? Atau bahkan tetangga sebelah rumah. Jika Anda satu-satunya penjual nasi uduk di komplek Anda, Anda boleh memberi nasi uduk edisi perdana Anda secara cuma-cuma ke tetangga sebelah rumah. Jika ia suka nasi uduk Anda, saat ia ke pasar, ia akan memberi tahu ibu-ibu lain bahwa mereka tak perlu repot menyiapkan sarapan untuk untuk keluarga, karena mereka bisa membelinya di rumah Anda.

Jika Anda sudah dapat mengidentifikasi orang-orang yang tepat untuk menjadi jalur pemasaran Anda, lalu apa? Anda perlu menyisipkan pesan-pesan atau informasi utama mengenai produk Anda, saat berbicara dengan mereka. Informasi yang Anda sampaikan kepada mereka harus baru, eksklusif, dan penting. Dengan demikian, orang yang Anda pilih itu akan merasa penting juga. Jadikan mereka bagian dari misi bisnis Anda. Mereka yang turut berbicara tentang bisnis Anda akan memajukan bisnis Anda.

Dengan menggunakan strategi ini, Anda bisa mendapatkan sarana promosi yang murah dan efisien. Anda tidak perlu mengerjakan semua hal sendirian. Tugas utama Anda adalah menyediakan produk yang berkualitas. Setelah itu buatlah lingkungan Anda yang bekerja untuk Anda. Anda hanya perlu menyalurkan informasi yang tepat kepada orang yang tepat. Karena itu bergaul adalah salah satu hal yang penting dalam proses marketing. Selebihnya, proses pemasaran atau marketing pun akan bekerja dengan sendirinya. (*/dari berbagai sumber)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/13042-gunakan-pelanggan-untuk-mempromosikan-produk-anda.html

No comments:

Post a Comment