Views :3999 Times |
Rabu, 09 November 2011 11:40 |
Anda
hobi masak? Pernah mengikuti kursus memasak di dalam dan luar negeri?
Ingin menjadi entrepreneur? Lalu mengapa tak mendirikan restoran saja?
Bagi yang ingin mendirikan resto, perlu diketahui bisnis di dunia
kuliner memang takkan surut oleh waktu, sepanjang manusia ada, hidup dan
membutuhkan makanan. Tapi terkadang, teori dan praktik bertolak
belakang.
Dari pantauan laman YoungEntrepreneur.com
banyak resto yang silih berganti meramaikan industri kuliner. Baru buka
selama beberapa tahun atau bahkan hitungan bulan kemudian tutup dan
digantikan resto baru yang juga mengalami nasib senada. Menurut
perkiraan, ada sekitar 75% resto di jagat kuliner yang tak mampu
mempertahankan keberadaan restonya selama lima tahun. Sementara yang
bisa survive hanya 25%.
Membangun resto tak hanya sekedar
membuat menu menarik dan memeroleh omzet dari penjualannya. Ibaratnya,
Anda bisa saja meracik katakanlah seafood paling enak yang pernah ada
tapi jika hanya menjualnya beberapa ratus item per hari, bisa diprediksi
resto baru Anda bakal tutup lebih cepat dari yang bisa Anda duga.
Semua resto, besar atau kecil,
bagian dari jaringan waralaba atau independen, adalah pemain yang sama
ketika berhadapan langsung dengan konsumen. Orang-orang lapar dan Anda
sebagai pemain industri kuliner menyediakan makanan. Target Anda adalah
semua orang yang ingin makan dan yang membutuhkan makanan. Dengan
begitu, Anda perlu menjaring mereka semua serta menginformasikan
karakteristik resto yang terbagi dalam rumus “4W” yakni Who (nama resto dan rekomendasi atau penghargaan yang pernah diterima), What (menu dan servis yang ditawarkan), Where (lokasi resto) dan When (jam operasional) semenarik mungkin, seperti contoh berikut;
Who: Capt. Jack’s Crab Shack and Seafood Market, 540-582-8868, www.welovecrabs.com, terpilih sebagai “Best Seafood” oleh NBC dan Washington Post.
What:
Menyediakan 350 macam seafood, bisa dibawa pulang atau disantap di
sini. Anda juga bisa membeli spesial produk-yang-paling-susah-ditemui di
resto kami.
Where:
Sangat mudah ditemukan dan sulit untuk ditinggalkan, misalkan resto
kami beralamatkan di 6330 Morris Rd, seberang Indian Acres di
Spotsylvania, Virginia.
When: buka 7 hari dalam seminggu setiap tahun dan tersedia tempat duduk di luar ruang.
Untuk menarik perhatian konsumen,
promosi melalui kalimat menarik juga dibutuhkan di samping foto-foto
menu nan menggiurkan. Bagi sebagian orang, kalimat bisa membuat rasa
penasaran mereka memuncak. Dan hal itulah yang selayaknya dapat
ditangkap pemilik resto untuk menggaet konsumen. Jadi, konsumen tahu
mengapa ia harus datang ke resto Anda dan memesan menu yang ditawarkan.
Berikut adalah beberapa hal yang bisa dijadikan referensi untuk mendirikan resto yang bisa bertahan lama dan meraih sukses.
Brand
Konsumen harus bisa merasa familiar dengan brand serta logo resto Anda agar mereka bisa terhubung secara visual dengan menu yang ditawarkan. Menciptakan brand
terkadang menjadi prosedur yang membutuhkan waktu lama. Cara efektif
adalah dengan menetapkan pangsa pasarnya terlebih dahulu sehingga Anda
bisa dengan mudah menjaring mereka dengan brand yang
Anda ciptakan. Cara terbaik untuk mengetahui apakah Anda telah
melakukannya dengan baik adalah dengan mengadakan survei atau polling
kepada para pelanggan seiring resto berjalan.
Jika ingin meng-online-kan resto
Anda, pilih domain dengan nama yang sederhana dan mudah diingat.
Misalkan nama resto Anda adalah “Jennifer’s Sweet Treats and Coffees”,
ciptakan dot com seperti Sweet.com, BonBon.com, JavaJen.com dan lain
sebagainya.
Menu Take Away
Bila Anda menawarkan jasa antar
makanan kepada pelanggan, buatlah brosur menu yang menarik. Jangan hanya
berupa kertas hitam putih hasil cetak di printer rumah
atau selembar kertas berisi nama menu tanpa deskripsi dan foto. Jika
Anda asal-asalan dalam membuat brosur menu karena ingin menghemat
anggaran misalkan, bisa dipastikan bisnis Anda takkan langgeng. Brosur
menu yang Anda buat itupun dijamin takkan dilirik konsumen.
Sebelum membuat brosur menu, lebih
baik posisikan diri Anda sebagai konsumen dan bertanya dalam hati
seperti apakah brosur menu yang menarik perhatian sehingga Anda tergugah
dan ingin segera memesannya untuk sajian makan siang atau makan malam
di rumah.
Bila ide tersebut sudah Anda temukan lebih baik dikonsultasikan kembali
kepada orang terdekat yang juga dapat berperan bak konsumen.
Promosi
Ada beragam strategi promosi yang bisa Anda pakai dalam bisnis kuliner, antara lain sebagai berikut :
Pelayanan
Bisnis didirikan dengan menjual
produk dan juga servis. Akan lebih mudah menggaet konsumen yang sedang
lapar misalnya dibanding menggaet mereka untuk kembali lagi ke resto
Anda dalam jeda waktu tiga hari, seminggu atau bahkan setahun. Cara
terbaik agar pelanggan Anda tak lari atau jenuh adalah dengan memberikan
servis atau pelayanan terbaik.
Servis bisa beragam wujudnya. Bisa
dengan teknik menjamu konsumen bisa juga dengan “atmosfer” di dalam
resto Anda. Tak bisa disangkal, selain cita rasa hidangan, pelanggan
akan memilih resto dengan situasi serta lingkungan yang dapat membuat
mereka merasa nyaman, santai dan senang. (*/ely)
|
http://ciputraentrepreneurship.com/kembangkan-uang-anda/12644-membangun-resto-yang-bisa-bertahan-lama.html
No comments:
Post a Comment