Tuesday, August 28, 2012

Langkah Perencanaan Karir yang Matang

Hits : 222 PDF Cetak E-mail
Senin, 27 Agustus 2012 17:14
Perencanaan_Karir
Semua orang yang mempunyai pekerjaan, termasuk juga Anda, pastinya menginginkan karir yang dapat berkembang dan terus mengalami kemajuan. Namun, realitanya dalam dunia kerja saat ini, banyak sekali orang yang justru gagal dalam meniti karirnya mereka. Hal tersebut disebabkan karena tidak ada atau kurangnya sebuah perencanaan dalam memprediksi kemajuan karir Anda ke depannya.

Jika Anda banyak berbicara mengenai karir, maka secara tidak langsung Anda membicarakan sebuah peluang. Setiap pekerjaan yang diberikan oleh atasan merupakan peluang bagi Anda untuk memberikan hasil yang maksimal dari pekerjaan. Dikala atasan akan memberikan penilaian yang baik, itu pastinya akan menjadi sebuah peluang yang bagus untuk Anda dalam berkarir di perusahaan tempat Anda bekerja.

Dalam menghadapi perkembangan dunia kerja yang serba cepat kilat sekarang ini, perencanaan yang matang akan sangat membantu Anda dalam membangun kokohnya karir yang cemerlang. Kalau saja Anda amati keadaan saat ini, hampir semua orang mengerjakan pekerjaan mereka tanpa perencanaan yang jelas, sehingga kebanyakan dari mereka ini tidak mengalami kemajuan selama ia bekerja ditiap perusahaan manapun.

Untuk itu sejak saat ini harus diingat baik-baik, sudah menjadi suatu kerharusan bagi Anda untuk memikirkan langkah-langkah apa saja yang akan Anda ambil demi mendapatkan peluang karir yang lebih baik, dan lebih mendapatkan kepuasaan sendiri pada saat bekerja.

Anda juga bisa mulai menyusun beberapa rencana kerja dari hal kecil. Hal kecil yang sebenarnya merupakan dasar pemikiran dalam merencanakan pekerjaan Anda :

1. Awali dengan menanamkan keyakinan yang kuat dalam diri Anda, bahwa seberat apapun pekerjaan yang diberikan, pasti Anda dapat menyelesaikannya dengan baik dan lebih maksimal.

2. Kenali sebuah kemampuan dan potensi yang ada dalam diri dan tubuh anda, sehingga Anda bisa memprediksi dengan cermat. Jenis pekerjaan apa yang memungkinkan Anda untuk mengeksplorasi semua potensi yang Anda miliki.

3. Amati budaya organisasi, rutinitas, dan perilaku yang ada berlaku di perusahaan Anda, khususnya pada tingkatan karyawan tempat Anda bekerja. Coba perhitungkan sebesar apa pengembangkan karir yang di dapatkan anda bekerja pada perusahaan tersebut.

Oleh karena itu, tentukan langkah dan strategi yang akan Anda ambil. Untuk itu kumpulkan ide-ide serta pengalaman yang telah Anda dapatkan selama bekerja. Pelajari hal apa saja yang menjadi nilai tambah bagi Anda dalam bekerja, dan tak lupa pastikan bahwa langkah tersebut akan memberikan keuntungan yang besar bagi Anda dan perusahaan tempat Anda melakukan pengabdian untuk kerja. (*DI)

Sumber Gambar : bksmkn3jogja.org
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/19555-langkah-perencanaan-karir-yang-matang.html


1 comment:

  1. judi online terpercaya indonesia
    Minimal Deposit IDR 50.000,- Raih Kemenangan Anda Sekarang Juga 100% Tanpa Bot
    Untuk Info, Bisa Hubungi Customer Service Kami ( SIAP MELAYANI 24 JAM ) :
    Telegram : +62812-2222-995 / https://t.me/bolavita
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete