Wednesday, August 1, 2012

5 Kiat Hindari Permasalahan Merek Dagang

PDF Cetak E-mail
Rabu, 01 Agustus 2012 13:42
Pendaftaran dan pencarian trademark atau merek dagang mungkin sangat memakan biaya, kadang begitu mahal hingga mencapai puluhan atau ratusan juta. Pelanggaran merek dagang bahkan akan lebih mahal. Untuk menghindari permasalahan yang bisa timbul, Donald. F. Kuratko mengatakan bahwa terdapat 5 aturan dasar yang perlu diikuti oleh para entrepreneur saat memilih merek dagang untuk bisnis baru mereka, sebagai berikut:
  • Hindarilah memilih nama perusahaan atau merek tanpa pertama-tama memastikan apakah merek itu sudah dipakai atau belum.
  • Bila penasihat hukum Anda mengatakan Anda memiliki permasalahan potensial dengan suatu merek, percayalah dengan penilaian dan pertimbangannya.
  • Carilah nama atau merek yang diciptakan secara kreatif dan imajinatif sebelum Anda memilih nama yang sangat sugestif atau deskriptif.
  • Kapanpun pertimbangan marketing atau yang lain mendikte penggunaan sebuah nama atau merek yang sudah sangat sugestif mengenai sebuah produk di pasaran, pilihlah logo yang berbeda dan khas untuk kata-kata sugestif atau deskriptif tersebut.
  • Hindari singkatan dan akronim sepanjang memungkinkan, dan saat tidak ada jalan lain yang bisa ditempuh, pilihlah logo yang berbeda dalam singkatan atau akronim yang muncul. (*AP)
http://www.ciputraentrepreneurship.com/amankan-bisnis.html


No comments:

Post a Comment