Tuesday, August 2, 2011

Menyulap Limbah Komputer Menjadi Produk Kerajinan

PDF Cetak E-mail
Senin, 01 Agustus 2011 10:03
Di sela-sela kesibukannya sebagai direktur operasional di sebuah perusahaan manufaktur, Steven Rodrig menyempatkan diri berkreasi mencipta karya seni bernilai tinggi. Menggunakan limbah dari komputer, pria kelahiran Havana, Kuba, ini membuat berbagai macam bentuk produk kerajinan ramah lingkungan yang mengesankan.

steven_rodrigSejak dua tahun lalu, Rodrig memanfaatkan PCB (printed circuit board) atau papan sirkuit dari komputer bekas sebagai bahan produk kerajinannya. Ayah tiga orang anak yang kini tinggal di New Jersey, Amerika Serikat, ini menjuluki karyanya sebagai kerajinan organik. Menurutnya, papan sirkuit yang tersembunyi di dalam mesin komputer bekas yang semula tak bernilai, bila dikreasikan dengan sedikit sentuhan imajinasi, bisa menghasilkan karya seni organik nan cantik. “Semua (kerajinan) berwujud organik, seperti tanaman dan hewan, bisa tercipta dari bahan-bahan inorganic. PCB ini contohnya,” tuturnya.

Dari mana ide Rodrig berasal? Inspirasinya timbul ketika Rodrig berniat membuatkan sarapan telur goreng untuk sang buah hati. Saat memecah telur dan melihat bagian putih dan kuning telur keluar dari cangkang, dia menghubungkan momen itu dengan DNA buatan manusia yang bersifat organik. “Telur mempunyai data di dalamnya, yakni kuning dan putih telur. Itu merupakan data organik. Jadi bagaimana bila saya menggunakan PCB sebagai bahan pengganti untuk menghasilkan data organik,” kenangnya.

Untuk mencari PCB tak terpakai, Rodrig rela hunting ke tempat penimbunan sampah elektronik atau menghubungi teman-temannya. Tak seperti bahan kerajinan lain yang lebih mudah dirakit, kerajinan organik miliknya mempunyai tingkat kesulitan saat memotong-motong PCB menjadi beberapa bagian. Rodrig menjelaskan kepada situs Wired, “Tak semua PCB sama, ada yang terlalu keras untuk dipotong dan ada yang mudah hancur. Kepuasan akan datang ketika potongan-potongan PCB ini dirangkai menjadi satu bagian berbentuk sesuatu yang organik.”

Selain tanaman dan hewan, Rodrig juga membuat kerajinan dari PCB berbentuk sepatu, desain sebuah kota yang diberi nama “Attempt at Transferring Data Into the Organic World V.9.” dan lain sebagainya. Karya-karya seninya itu dibanderol dengan kisaran ratusan ribu dolar Amerika per item-nya. (*/ely)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/entrepreneur/internasional/bisnis/10145-menyulap-limbah-komputer-menjadi-produk-kerajinan.html

No comments:

Post a Comment