Friday, August 5, 2011

5 Hal yang Harus Diketahui tentang Angel Investor

5 Hal yang Harus Diketahui tentang Angel Investor Cetak
Jumat, 05 Agustus 2011 06:50
angel_ins87Jika usaha rintisan Anda tengah mencari seorang angel investor, pikirkan apakah cukup masuk akal untuk menampilkan rencana Anda kepada sekelompok orang dan berasumsi bahwa setidaknya satu dari mereka akan menyetujuinya? Pada kenyataannya, menemui banyak angel investor di berbagai tempat dengan pitch atau presentasi yang sama ialah salah satu pendekatan yang kurang produktif.

Berikut ini adalah 5 hal utama yang harus diketahui untuk menemukan angel investor yang tepat bagi usaha rintisan Anda:
  1. Angel investor berinvestasi untuk orang lebih sering daripada berinvestasi untuk ide. Itu berarti mereka harus mengenal Anda atau seseorang yang mereka percayai yang benar-benar mengetahui pribadi Anda (melalui perkenalan yang hangat misalnya). Untuk mendapat kredibilitas yang maksimal, mulailah bangun jaringan untuk investor potensial agar hubungan yang kokoh dan dekat terbina beberapa bulan sebelum mereka berinvestasi. Mereka juga lebih menyukai entrepreneur yang berpengalaman dalam mendirikan usaha, dan berpengalaman dalam bidang usaha yang menjadi bidang gerak usahanya. Model bisnis Anda bisa saja menarik tetapi jika Anda masih hijau dalam arena ini, permintaan investasi Anda bisa jadi tidak disetujui. Dalam kasus ini, Anda membutuhkan seorang mitra yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang bidang usaha dan jejak rekam dalam membangun usaha.
  2. Sebuah business plan yang lengkap selalu dibutuhkan. Mungkin teman dan keluarga akan memberikan uang pada Anda tanpa adanya business plan tetapi para angel investor mengharapkan sebuah rencana yang ‘nyata’. Semua investor profesional mengetahui bahwa entrepreneur yang memulai sebuah usaha tanpa rencana tertulis hampir selalu akan gagal. Jangan lupa untuk secara jelas menyusun sebuah permasalahan yang Anda ingin pecahkan melalui usaha Anda, sebelum Anda memberikan solusinya secara mendetail. Jelaskan dengan baik tentang model usaha dan exit strategy Anda sehingga investor akan mengetahui bagaimana Anda akan mendapatkan laba dan bagaimana dan kapan mereka akan mendapatkan uang mereka kembali.
  3. Angel investor ingin terlibat secara langsung dengan tim usaha Anda. Ini berarti bahwa mereka secara umum hanya tertarik dalam peluang lokal. Itu tidak akan membantu Anda memecahkan masalah atau mengurangi beban masalah Anda dengan mengirim email secara membabi buta dan menindaklanjuti 60 ribu orang investor di seluruh penjuru dunia. Jika memang tidak ada investor di daerah Anda yang tertarik atau berpengalaman dalam jenis usaha Anda, Anda bisa saja pjindah ke daerah di mana lebih banyak investor berpengalaman dalam bidang tersebut. Sebuah isu yang relevan dengan ini ialah besarnya investasi yang Anda butuhkan. Angel investor cenderung untuk membatasi besarnya investasi individu paling besar yaitu 250 ribu dollar AS atau di bawahnya. Dan bahkan dalam kelompok-kelompok yang jarang mereka pertimbangkan permintaannya karena jumlahnya mencapai satu juta dollar AS. Jika Anda membutuhkan lebih banyak, Anda harus fokus kepada wilayah venture capital.
  4. Perkiraan keuangan dan peluang dalam bidang usaha tersebut. Investor tidak akan membantu orang yang tidak berusaha gigih atau tidak mau berpijak pada kenyataan. Inilah beberapa aturan bakunya. Proyeksi pemasukan tahun kelima Anda lebih baik antara 20 hingga 100 juta. Jumlah dana yang kecil menandakan pengembalian yang kecil pula dan jumlah besar biasanya tidak kredibel. Kedua Anda membutuhkan pasar yang besar dan berkembang untuk mengkompensasi risiko pendanaan yang tinggi. Aturan ini termasuk proyeksi peluang yang melebihi miliaran dollar dengan setidaknya persentase pertumbuhan yang mencapai dua digit. Jumlah yang lebih kecil bisa dengan mudah digunakan untuk pendanaan usaha yang realistis sekaligus menguntungkan tetapi biasanya kurang menarik investor.
  5. Bidang usaha dan karakter Anda harus benar-benar bersih. Sektor usaha tertentu memiliki tingkat kegagalan yang tinggi dan biasa dihindari oleh investor kebanyakan. Hal ini meliputi jasa makanan, ritel, konsultan, bekerja di rumah dan telemarketing. Selain itu, jangan mengharapkan antusiasme investor untuk situs judi, situs porno, gaming, atau bisnis penagihan utang. Angel investor juga orang biasa. Mereka mengharapkan kita mengerti motivasi mereka, menghargai waktu mereka dan menujukkan integritas Anda dalam setiap langkah. Mungkin mereka tidak akan merespon dengan baik terhadap taktik penjualan yang terlalu ambisius, informasi yang berlebihan, atau suap.

Jika Anda ditolak untuk pertama kali, jangan menyerah. Dan jangan berharap mendapatkan sebuah jawaban untuk alasan penolakan dari kebanyakan angel investor. Mungkin mereka akan berkata pada Anda untuk menghubungi Anda nanti, setelah Anda menyelesaikan produk Anda, mendapatkan beberapa pelanggan atau mencapai prestasi lain. (*/Akhlis)
Sumber:http://ow.ly/5VEnp

No comments:

Post a Comment