Tuesday, August 16, 2011

Potensialkah Peluang Bisnis Rental Mobil?

Potensialkah Peluang Bisnis Rental Mobil? Cetak
Selasa, 16 Agustus 2011 10:58
Salah satu bisnis yang menuai untung kala libur Lebaran tiba adalah bisnis rental mobil. Tingginya jumlah konsumen yang ingin merayakan hari raya bersama keluarga sebagai bagian dari tradisi silahturahmi memberi peluang besar dalam peningkatan omzet bisnis rental mobil. Lalu, apakah bisnis ini mempunyai potensi yang cukup menjanjikan untuk beberapa tahun ke depan?

car_rent_businessPertumbuhan usaha rental di Indonesia diperkirakan meningkat rata-rata 20 sampai 30 persen setiap tahunnya. Bila ditunjang kondisi perekonomian yang relatif stabil dan iklim politik serta keamanan negeri yang kondusif, peluang bisnis rental mobil tetap menjanjikan dan bisa dipastikan akan terus bersinar hingga beberapa tahun ke depan.

Bisnis yang dapat dikategorikan sebagai bisnis bermodal besar ini tetap bisa dikelola dalam skala rumah tangga dengan jumlah mobil 1-2 unit sebagai permulaan. Sebelum terjun dalam bisnis tersebut, perhatikan beberapa hal yang dapat memengaruhi perjalanan usaha menuju keberhasilan, yakni :
  1. Penentuan lokasi yang strategis
  2. Perincian modal untuk menentukan berapa unit mobil yang bisa disewakan dan menghitung biaya operasional lainnya
  3. Perijinan badan usaha yang berkekuatan hukum
  4. Memiliki sistem pembukuan dan manajemen administrasi yang terstruktur, termasuk kelengkapan data pelanggan dan lain sebagainya
  5. Melakukan survei pasar untuk mencari tahu karakter konsumen serta menentukan jenis mobil apa yang paling diminati
  6. Jalinlah kerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang sekiranya membutuhkan jasa penyewaan mobil Anda untuk memperluas networking
  7. Karena termasuk bisnis di bidang jasa, ciptakan servis atau pelayanan khusus untuk memuaskan konsumen

Perlu diketahui, bisnis rental mobil ini termasuk jenis usaha berisiko tinggi atau high-risk. Bisnis ini tak bisa dijalani hanya dengan modal kepercayaan kepada konsumen. Aneka macam risiko membayangi bisnis tersebut, seperti kecelakaan lalu lintas, mobil hilang akibat digadaikan atau bahkan dijual oleh konsumen hingga penyalahgunaan fungsi mobil untuk membantu tindak kriminal.

Semua risiko itu memungkinkan terjadi. Untuk meminimalisasinya bisa mengambil langkah berikut:
  1. Pastikan semua mobil memiliki surat-surat lengkap berkekuatan hukum sesuai dengan peraturan yang berlaku.
  2. Cover segala risiko dengan asuransi yang sesuai untuk mengamankan mobil sebagai aset bisnis Anda.
  3. Berdayakan technology untuk memantau keberadaan mobil dengan memasang perangkat GPS pada mobil yang terhubung dengan komputer Anda.
  4. Buatlah kontrak perjanjian sewa mobil yang terlegalitas dengan pelanggan.

Selamat berbisnis dan semoga sukses! (*ely/diolah dari berbagai sumber)

http://ciputraentrepreneurship.com/kembangkan-uang-anda.html

No comments:

Post a Comment