Saturday, August 20, 2011

5 Teknik Valuasi Usaha Rintisan

Hits : 856 PDF Cetak E-mail
Jumat, 19 Agustus 2011 09:30
valuasi0811Setelah Anda memiliki seorang investor potensial, Anda haru bersiap menjawab berbagai pertanyaan yang datang darinya. Misalnya, “Bagaimana valuasi perusahaan Anda?” Banyak entrepreneur gagal menjawabnya, mereka kehilangan kesepakatan kerjasama dengan pihak investor atau kehilangan banyak saham dalam usaha rintisannya sendiri.

1. Tempatkan nilai pasar yang wajar dalam semua aset fisik (pendekatan aset)
Inilah unsur valuasi paling nyata , biasanya disebut sebagai pendekatan aset. Usaha-usaha rintisan umumnya memiliki aset yang relatif terbatas. Namun tetap saja sebagai entrepreneur/ pemilik usaha rintisan Anda harus mencatat dan menghitung semua yang Anda miliki. Yakinlah untuk mencantumkan peralatan komputer, peralatan kantor, furnitur, alat-alat, dan nilai inventaris atau produk purwarupa (prototype), termasuk pengeluaran pengembangan.

2. Berikan nilai nyata kepada hak kepemilikan intelektual
Nilai hak paten dan merek dagang tidak bisa diwujudkan dalam bentuk sertifikat, terutama jika Anda hanya berada di tahapan sementara. Setiap hak paten yang didaftarkan bisa bernilai besar dalam valuasi sehingga jangan sampai Anda abaikan pentingnya hak paten.

3. Semua pegawai menambah nilai
Berikan nilai kepada semua pekerja profesional karena ketrampilan, keahlian, dan pengetahuan mereka dalam bidang tertentu sangatlah berharga. Dengan kreativitas melimpah yang mereka miliki, valuasi usaha rintisan Anda bisa melampaui perkiraan.

4. Pelanggan awal dan kontrak dalam nilai tambah kemajuan
Setiap kontrak pelanggan dan hubungan bisnis membutuhkan upaya monetisasi bahkan untuk upaya-upaya yang masih dalam perundingan. Berikan kemungkinan kepada upaya penjualan pelanggan yang aktif, sebagaimana yang dilakukan oleh manajer penjualan dalam menghitung prediksi petugas penjualan. Pemasukan yang selalu mengalir juga sangat berharga, seperti jumlah uang langganan.

5. Discounted Cash Flow (DCF) untuk proyeksi (pendekatan pendapatan)
Dalam keuangan, pendekatan pendapatan menggambarkan sebuah metode valuasi perusahaan menggunakan konsep-konsep nilai waktu dari uang. Tingkat diskon khususnya  yang berlaku untuk usaha-usaha rintisan bisa berbeda-beda di berbagai tempat dari 30-60%, tergantung kematangan dan tingkat kredibilitas yang bisa Anda kumpulkan untuk estimasi keuangan. (*/Akhlis)


http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/10603-5-teknik-valuasi-usaha-rintisan.html

No comments:

Post a Comment