Thursday, August 25, 2011

Siapkan Usaha Anda Hadapi Bencana Alam

Views :141 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 24 Agustus 2011 15:14
bencana_0811Bencana alam menimpa tanpa peringatan. Gempa bumi, banjir, letusan gunung berapi, dan angin puting beliung sering melanda Tanah Air. Apalagi telah kita ketahui bersama bahwa kita berada di kawasan “Ring of Fire” yang lebih akrab dengan bencana gempa dan letusan vulkanik daripada belahan bumi lainnya. Untuk itulah kita harus selalu siaga.

Tak terkecuali Anda sebagai entrepreneur. Jangan abaikan keselamatan usaha Anda. Sebagai entrepreneur cerdas, Anda harus tahu bagaimana melindungi atau setidaknya memperkecil dampak bencana terhadap usaha yang menjadi sumber penghasilan Anda dan orang-orang terkasih.

Caranya? Siapkan jauh-jauh hari sebuah rencana bencana yang detail dan siap untuk dijalankan kapan saja bencana terjadi.

Kadang terasa sulit bagi pemilik usaha kecil menengah untuk memikirkan masa depan di tengah-tengah rutinitas bisnis  yang menghimpitnya. Namun, sedikit persiapan di masa sekarang bisa menyelamatkan usaha di masa darurat.

Berikut ialah beberapa kiat bagi usaha Anda untuk menghadapi bencana:
·   Buat dan simpan beberapa set dokumen ekstra yang Anda anggap penting seperti kebijakan asuransi dan catatan keuangan.
·   Pastikan detail informasi kontak karyawan dan pelanggan Anda diperbarui dan mudah diakses.
·   Bersiaplah untuk melakukan komunikasi secara rutin untuk mengantisipasi selama dan setelah terjadinya bencana kepada semua pemegang saham Anda.

Selalu dengarkan apa yang dihimbau oleh pemerintah setempat di mana Anda beroperasi. Jika memang mereka menyarankan dengan sangat untuk mengungsi, Anda tidak punya pilihan lain selain menghentikan usaha selama jangka waktu yang tidak bisa ditentukan demi keselamatan jiwa. (*/Akhlis)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/amankan-bisnis/10697-siapkan-usaha-anda-hadapi-bencana-alam-.html

No comments:

Post a Comment

Post a Comment