Friday, August 12, 2011

Mengintip Peluang Bisnis Kue Jelang Lebaran

Mengintip Peluang Bisnis Kue Jelang Lebaran PDF Cetak E-mail
Jumat, 12 Agustus 2011 10:08
Jelang Lebaran, permintaan kue kering serta cake semakin meroket dengan rasio peningkatan mencapai dua kali lipat atau lebih dibanding hari biasa. Tradisi menyajikan atau memberi bingkisan berupa kue kering dan cake saat Lebaran kepada sanak saudara atau kerabat dekat menjadi simbol pengikat silahturahmi. Tradisi ini menghantarkan peluang bisnis kue kering dan cake di tanah air pada kondisi “tak akan ada matinya”. Apalagi bila kue-kue itu dikreasikan dengan bahan baku dan kemasan unik. Bisa dipastikan ke depannya, potensi bisnis ini semakin prospektif meski berdaya saing tinggi.

cookiesBisnis kue kering dan cake termasuk bisnis musiman. Bisnis ini akan menuai untung yang sangat besar menjelang hari raya, Tahun Baru atau perayaan libur nasional lainnya. Sebagai negeri dengan mayoritas penduduk beragama Islam, bisnis kue kering dan cake di tanah air bisa dikatakan mencapai puncaknya menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Peluang serta potensi menggiurkan pada bisnis ini menciptakan iklim persaingan yang ketat. Agar bisa lolos dari kompetisi penuh liku, masing-masing produsen harus mengerahkan daya kreatifitas dalam produksi, mutu bahan serta kemasan supaya produk bisa laku di pasaran. Dalam hal ini inovasi penting untuk diterapkan misalnya dengan memadukan bahan pangan lain dalam bahan baku kue, mencetak bentuk kue serta membuat kemasan semenarik mungkin dan yang paling utama adalah menciptakan cita rasa aduhai.

Untuk menarik minat konsumen, buatlah tester terlebih dahulu atau terapkan potongan harga kepada konsumen bila membeli dalam partai besar. Anda juga dapat menawarkan paket parsel kue kering dengan harga terjangkau namun dikemas secantik atau seeksklusif mungkin. Supaya laba sesuai keinginan, sebelum memberikan potongan harga atau diskon, analisa usaha wajib dijalankan, yakni dengan cara menghitung sejumlah biaya produksi dan promosi serta menganalisa harga pasar.

Jika Anda turut tertarik menciptakan produk kue yang unik, beberapa hal yang harus diperhatikan dan menjadi pertimbangan, antara lain :
  • Pastikan proses pembuatan dan produk yang dihasilkan itu sudah sesuai dengan kaidah kesehatan yang dianjurkan BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan).
  • Pastikan kemasan serta proses pembuatan produk yang Anda ciptakan higienis.
  • Pastikan bahan-bahan yang dipakai dalam proses pembuatan kue itu tak mengandung bahan berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit.

Dari semua hal itu yang perlu diingat adalah ketika Anda memutuskan untuk terjun ke dalam usaha pengolahan makanan, usahakan untuk menempatkan keuntungan pada posisi kedua. Letakkan kesehatan serta kepuasan customer pada posisi pertama. Bagaimana? Siap berkreasi?

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/bisnis-mikro/10455-mengintip-peluang-bisnis-kue-jelang-lebaran.html

No comments:

Post a Comment