Friday, August 19, 2011

Lima Komponen Menuju Bisnis yang Sukses


PDF Cetak E-mail
Kamis, 18 Agustus 2011 13:46
Menciptakan bisnis yang sukses bukanlah prosedur misterius yang tak mungkin diraih. Seseorang yang berjiwa entrepreneur umumnya dapat memahami bahwa kerangka administratif serta visi kreatif merupakan dua dari beberapa komponen penting menuju kesuksesan. Tanpa peran kedua komponen itu, bisnis yang dikelola bisa saja terancam gagal. Berikut adalah lima komponen penting lain yang turut memengaruhi keberhasilan sebuah bisnis.

success_businessPenjualan
Dalam dunia bisnis, baik yang bergerak di bidang jasa atau pengadaan produk, klien sebagai target bisnis memegang kunci penting. Untuk menarik minat, strategi penjualan harus didesain se-relevan mungkin dengan target yang akan dibidik. Jika strategi tersebut raih sukses tak hanya omzet serta jumlah customer saja yang meningkat tapi juga reputasi bisnis.

Pencatatan data-data atau segenap dokumen dengan sistem administrasi yang terstruktur turut menentukan perkembangan bisnis. Kegiatan administratif lain, seperti membayar cicilan kredit usaha (bila ada) serta pajak usaha tepat waktu, juga bisa memengaruhi keberhasilan bisnis dan dapat menjauhkan bisnis dari sanksi-sanksi perdata.

Komunikasi
Pelaku bisnis harus bisa mengomunikasikan brand yang dimiliknya secara efektif kepada pegawai serta klien yang dinilai sangat potensial. Dengan komunikasi yang efektif, pesan yang disampaikan pelaku bisnis itu diharapkan bisa dimengerti dan bisa mendatangkan feedback yang baik. Sementara di posisi pegawai, sebaiknya mereka juga mampu memahami visi perusahaan saat menerima arahan dari pelaku bisnis agar dapat menjual produk atau jasa serta melayani konsumen sesuai tujuan yang ingin dicapai.

Pegawai
Mengembangkan dan meningkatkan performa bisnis tak bisa dilakukan oleh satu orang. Mempunyai pegawai dengan dedikasi tinggi bisa membantu perusahaan lebih cepat mencapai sukses yang diikuti oleh meningkatnya reputasi perusahaan dan kepuasan konsumen. Dedikasi ini juga harus dimiliki oleh pegawai paruh waktu sekali pun.

Pemilik Bisnis
Kesuksesan bisnis juga dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan sang owner. Bertanggung jawab atas operasional bisnis sehari-hari, membuat keputusan dengan bijak dan selalu menyempatkan diri hadir dalam meeting internal dengan pegawai merupakan beberapa ciri pemilik bisnis idaman yang bisa meraih sukses dalam waktu relatif cepat. Pemilik bisnis harus bisa menjadi promoter yang baik. Bila ia memiliki passion kuat untuk berhasil, maka bisnis yang dikelolanya juga bisa berimbas sukses. (*ely/disarikan dari eHow.com)
Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/10582-lima-komponen-menuju-bisnis-yang-sukses.html

No comments:

Post a Comment