Wednesday, August 17, 2011

Kurma Aneka Rasa ala Rina Setyowati

Kurma Aneka Rasa ala Rina Setyowati PDF Cetak E-mail
Selasa, 16 Agustus 2011 13:13
Sekilas kurma racikan Rina Setyowati sama dengan kurma lainnya. Namun, jika diperhatikan lebih detail, ada bekas belahan vertikal pada kurma itu hingga menampakkan isi di dalamnya.

kurmaIsinya bukan biji kurma, melainkan kacang mete, cokelat keju, atau gula-gula cokelat. Paduan rasa kurma asli dengan beragam rasa itu menimbulkan rasa yang unik saat dikunyah. “Cocok untuk takjil buka puasa,” ujar Rina Setyowati, pembuat kurma aneka rasa.

Panganan ini dibuatnya khusus saat Ramadan. "Ini usaha musiman," ujarnya. Sudah tiga kali Ramadan terakhir ini Rina menjalankan usahanya itu. Inspirasinya berawal ketika pulang dari ibadah haji tahun 2001 silam. Di Arab Saudi, ia menemukan ada kurma berisi cokelat. “Akhirnya saya buka usaha ini,” ujarnya.

Usahanya terus berkembang. Pada 2009, Rina mulai memproduksi kurma ragam rasa, seperti rasa strawberry, blueberry, nanas dan wijen, kacang mete, gula-gula cokelat, dan cokelat keju. "Ternyata yang paling disukai tiga rasa yang saya buat saat ini," ujarnya. Karena itu, Rina pun fokus membuat kurma isi gula-gula cokelat, mete, serta cokelat keju.

Untuk membuat kurma beragam rasa itu, kata Rina, yaitu dengan cara membelah kurma lebih dulu. Lalu membuang isinya. Setelah itu kurma dijemur sebentar, kemudian kurma diisi dengan rasa yang diinginkan.

Dengan membuat kurma ragam isi ini, orang yang sebelumnya tidak suka kurma akan berbalik menyukainya. Dia mengatakan, kurma aneka rasa ini akan lebih nikmat ketika dimakan dalam keadaan dingin. "Kalau yang rasa cokelat dimakan akan seperti makan cokelat batangan, kres di mulut," kata Rina.

Peminat kurma ini cukup banyak. Awal Ramadan ini, misalnya, dia bisa menjual delapan kilogram kurma setiap hari. Menjelang Lebaran nanti, kata Rina, pesanan akan semakin banyak.

Penjualan kurma itu, kata Rina, selain dilakukan di tempatnya di Jalan Wahidin 43, Kelurahan Sukabumi, Kecamatan Mayangan, Probolinggo, juga dipasok ke sejumlah toko di kota itu hingga keluar daerah. "Saya juga biasa mengirim ke Surabaya dan Malang," katanya.

Pelanggan setianya saban bulan puasa, biasanya datang dari kalangan dokter, perawat maupun bidan. "Ada yang untuk dikonsumsi dan untuk oleh-oleh saat mudik Lebaran," ujarnya.

Rina menganjurkan, untuk ibu yang tengah menyusui, baik mengkonsumsi kurma. "Kurma mengandung vitamin A yang kaya akan serat," katanya. (*/Tempointeraktif)

sumber:

http://www.ciputraentrepreneurship.com/kuliner/10543-kurma-aneka-rasa-ala-rina-setyowati.html

No comments:

Post a Comment