Thursday, August 4, 2011

6 Cara Membuat Postingan Blog yang Menarik

6 Cara Membuat Postingan Blog yang Menarik

blogging-cat
Kucing pun melek blog.
Blog sudah sangat menjamur saat ini. Tidak terhitung banyaknya blog yang muncul dan hilang setiap detiknya di mayantara. Tetapi bagaimana menulis sebuah postingan dalam blog yang menarik. Dan tidak hanya cukup dikatakan ‘menarik’ saja, postingan blog Anda juga harus mampu mendorong pembaca membaca tulisan Anda hingga habis.

Pertama, berikan judul yang deskriptif

Menulis judul merupakan tantangan pertama yang harus Anda lewati. Menulis judul tidak harus dilakukan sebelum menulis. Bersikaplah fleksibel. Anda bisa menulis di awal dan kemudian meberikan sedikit penyesuaian yang dianggap perlu setelah menulis. Tetapi jika Anda lebih merasa cocok untuk membuat judul setelah menulis, lakukan saja. Tidak ada aturan mengikat untuk itu, yang penting adalah judul itu mencerminkan apa yang dikemukakan dalam artikel itu.
Kata ‘deskriptif’ bertolak belakang dengan ‘kiasan’. Untuk menulis judul yang baik, sebaiknya gunakan judul yang menggambarkan isi tulisan. Terlalu banyak perumpamaan dan gaya bahasa hanya akan membuat pembaca kebingungan. Ingat Anda menulis untuk pembaca di Internet. Mereka ini lebih menyukai informasi yang disajikan secara padat, ringkas dan gamblang. Waktu mereka tidak banyak. dan jikalau mereka punya waktu banyak, godaan yang ada di internet begitu melimpah. Mereka akan meninggalkan artikel Anda dan beralih ke chat, mesin pencari, jejaring sosial , atau surel. Begitu Anda berbelit-belit, tidak mungkin mereka akan menutup jendela dan beralih ke artikel lain yang lebih padat dan mudah dicerna.
  • Gunakan bentuk pertanyaan untuk memancing keingintahuan pembaca, misalnya “Siapa Blogger yang paling Fenomenal tahun 2010?”
  • Gunakan kata-kata sifat yang kuat dan positif misalnya “6 Alasan Utama Membaca Buku X”
  • Gunakan sudut pandang orang pertama, misalnya “Mengapa Saya Tidak Tertarik pada Affiliate Marketing”
  • Buatlah seringkas mungkin karena biasanya judul yang terlalu panjang akan dipotong jika tertampil dalam mesin pencari
  • Gunakan kata kunci yang kuat dan memperbesar peluang artikel atau blog Anda tertampil di hasil pencarian mesin pencari seperti Google, Yahoo, atau Bing. Tempatkan kata kunci di judul dan bagian inti artikel secara alami dan tidak terlalu ‘memaksa’. Arti ‘memaksa’ di sini adalah memenuhi artikel dengan sebanyak mungkin kata kunci karena terlalu bernafsu ingin mengejar peringkat teratas dalam mesin pencari. Jangan siksa pembaca dengan kecerobohan seperti itu. Kata kunci memang penting tetapi apa gunanya jika malah membuat pembaca enggan membaca.
  • Gunakan angka agar pembaca tahu persis apa yang akan mereka dapatkan setelah membaca artikel Anda.

Kedua, tulis dengan bentuk ‘F’

Maksudnya? Begini, menurut sebuah penelitian, mayoritas pengguna Internet membaca dengan pola huruf F. Mereka memindai baris pertama dulu, kemudian baris kedua, dan membaca dengan cepat keseluruhan artikel dari atas ke bawah untuk mengambil intisarinya dengan seccepat mungkin. Urutan membaca bisa berubah tetapi pada umumnya akan membentuk huruf F. Berdasarkan ini, ada baiknya Anda lebih memperhatikan paragraf pertama tulisan Anda dan berikanlah pembukaan yang menarik dan informatif.

Ketiga, buat artikel menjadi lebih mudah dicerna

Posisikan diri Anda sebagai pembaca. Setelah menulis, tinggalkan  dan lupakan sejenak artikel Anda. Sesaat kemudian kembalilah membaca dengan pikiran yang lebih segar. Dengan sudut pandang baru, Anda akan lebih dapat mengoreksi tulisan Anda sendiri. Inilah beberapa langkah untuk menjadikan artikel lebh mudah dicerna:
  • Penting untuk selalu langsung menuju permasalahan tanpa pembukaan yang bertele-tele.
  • Meskipun bukan kewajiban, ada baiknya Anda mempelajari gaya menulis yang disarankan oleh Associated Press (AP). Cirinya ialah paragraf yang terdiri dari beberapa kalimat sederhana namun padat makna.
  • Gunakan sub judul. Berikan jeda dengan memberikan sub judul yang relevan dan menarik. Uraian panjang yang tidak memiliki sub judul akan cenderung lebih membosankan karena terkesan lebih panjang dan sulit diambil ide pokoknya.
  • Buat daftar. Daftar membuat isi tulisan lebih terorganisir dan mudah diambil intinya. Gunakan bilamana perlu, tidak perlu harus selalu.
  • Gunakan huruf yang dicetak miring dan tebal untuk memberikan penekanan makna.

Keempat, padukan beberapa jenis konten

Ide yang ingin Anda sampaikan mungkin sangat berkualitas namun jika dibungkus dengan kurang baik tentu akan menurunkan daya tariknya bukan? Jadilah blogger yang kreatif dengan tidak hanya menyajikan tulisan tetapi menggabungkannya dengan konten multimedia seperti video, foto, atau podcast (suara). Berikan juga pendapat Anda di dalam postingan sehingga orang mengetahui gagasan/ sudut pandang apa yang patut diketahui, terutama jika Anda merupakan salah seorang figur dengan kewenangan dalam sebuah bidang. Misalnya Anda seorang chef berpengalaman. Maka Anda bisa gunakan keahlian Anda untuk memberikan penilaian terhadap masakan sebuah restoran.

Kelima, optimalkan untuk mesin pencari

Ketahui keinginan pembaca dan akan lebih mudah bagi Anda untuk memberikan konten yang memuaskan keinginan mereka dan tentu, menulis postingan yang lebih sesuai dengan selera mesin pencari. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penulisan untuk optimasi artikel agar lebih mudah ditemukan mesin pencari ialah rangkuman (excerpt), kata kunci, tag, kategori dan tautan.

Keenam, memotivasi untuk berinteraksi dan bertindak

Blogging hakikatnya merupakan sebuah bentuk komunikasi dua arah dalam bentuk  tertulis via dunia maya. Jadi jika tidak tercipta sebuah dialog antara blogger dan pembacanya (dengan diberikannya kesempatan pembaca untuk berkomentar serta ditanggapi komentarnya oleh penulis), bisa dikatakan seorang blogger belum berhasil. Dan jangan segan untuk menghubungkan tulisan atau contoh dengan tulisan lama yang pernah Anda buat sebelumnya.

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/component/wpmu/akhlispurnomo/2010/10/6-cara-membuat-postingan-blog-yang-menarik/

No comments:

Post a Comment