Thursday, August 4, 2011

5 CARA MEMANFAATKAN FOURSQUARE UNTUK BISNIS

5 CARA MEMANFAATKAN FOURSQUARE UNTUK BISNIS

4sq2Pernahkah Anda mendengar Foursquare? Jika pernah, apakah Anda berminat untuk menjadi anggota aktifnya? Atau sekarang Anda sudah begitu akrab dengan Foursquare?
Bagi masyarakat Indonesia secara umum, jejaring sosial memiliki daya tariknya sendiri. Facebook dan Twitter telah membuktikannya. Namun, penyedia layanan jejaring sosial sebenarnya berjumlah begitu banyak dan pendatang baru terus menerus bermunculan dengan segenap inovasinya. Termasuk layanan baru bernama Foursquare yang akhir-akhir ini menjadi buah bibir di dunia maya.
Bila Anda masih buta terhadap Foursquare, mari kita lihat apa sebenarnya yang bisa kita lakukan dengannya. Dengan mendaftar menjadi anggota Foursquare, setiap orang bisa berkomunikasi satu sama lain dengan membuat status (sama seperti Facebook dan Twitter) tetapi bedanya di Foursquare kita harus check in atau masuk ke sebuah tempat. Jadi intinya ini adalah jejaring sosial berbasiskan lokasi.
Bagi Anda yang menginginkan privasi yang terjaga, mungkin berbagi kabar dengan orang lain tentang di mana Anda berada bukan sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan. Namun begitu, kekhawatiran ini tidak beralasan jika Anda pintar dalam memilih teman dalam Foursquare. Hanya setujui untuk berteman dengan orang-orang sudah dikenal baik dan dekat serta tidak terlalu mengumbar detil pribadi yang kurang etis.
4sqJika dipandang dari segi bisnis, sebagai seseorang yang berjiwa entrepreneur, Anda harus berusaha melihat sisi positif dari teknologi dan mengurangi sisi negatifnya. Dengan Foursquare, kita bisa berbagi saran mengenai apa yang bisa dilakukan agar perjalanan kita ke tempat tersebut menjadi lebih nyaman dan bisa berbagi rekomendasi dengan orang-orang yang Anda kenal.
Berikut ini adalah 5 cara yang menurut Kyle Lacy bisa ditempuh untuk menggunakan Foursquare demi memajukan bisnis Anda:

    Doronglah pengguna Foursquare untuk check in (masuk) dan memberikan ulasan tentang tempat usaha Anda

Foursquare memberikan penggunanya kemampuan untuk mengetahui keberadaan teman mereka dalam jangka waktu 3 jam dari pemutakhiran/ update tertentu. Ini bisa menjadi kesempatan marketing yang baru bagi bisnis Anda. Berikan bonus atau potongan harga bagi pengguna Foursquare yang memberikan ulasan yang menarik mengenai usaha Anda. Cara ini juga bisa diterapkan untuk pengguna Facebook atau Twitter dan jejaring sosial lain untuk memberikan umpan balik mengenai kualitas layanan atau produk Anda.

    Gunakan pemberian poin pada pelanggan yang datang untuk mendukung usaha amal

Tidak ada ruginya menjadi entrepreneur yang dermawan. Berikanlah poin pada pengguna Foursquare yang sering mampir. Dan informasikan bahwa setiap poin yang diraih akan disumbangkan kepada badan amal tertentu.

    Berikan hadiah bagi sang mayor

Dengan memberikan keistimewaan atau reward bagi pengguna yang menjadi mayor, Anda bisa mendorong lebih banyak orang untuk mengunjungi lokasi usaha Anda.

    Berikan pengguna Foursquare tugas untuk diselesaikan

Berikan semacam daftar tugas bagi pengguna Foursquare yang mengunjungi laman Foursquare usaha Anda (jadi Anda pun harus membuat sebuah akun di Foursquare). Ini menjadi semacam lomba dan dapat memacu orang untuk lebih sering mengunjungi lokasi usaha Anda.

    Doronglah pengguna menjadi superuser (pengguna super) tempat usaha Anda

Saat seorang pengguna menjadi superuser di lokasi usaha Anda, mereka akan memiliki kemampuan untuk mengedit informasi venue. Sebagai pemilik usaha tentu Anda bisa saja merasa segan untuk menyerahkan hak semacam ini pada orang lain. Namun di sini kita tidak lagi berbicara mengenai status pemilik dan pelanggan. Di Foursquare, baik pemilik dan pelanggan memiliki kedudukan yang sepadan dan saling menguntungkan. Justru cara ini bisa ditempuh untuk mencegah beredarnya informasi yang kurang menguntungkan bagi usaha Anda. 

Sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/component/wpmu/akhlispurnomo/2010/08/5-cara-memanfaatkan-foursquare-untuk-bisnis/

No comments:

Post a Comment