Thursday, October 13, 2011

Rencana Kontingensi untuk Pemulihan Bisnis

Rencana Kontingensi untuk Pemulihan Bisnis Views :118 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 13 Oktober 2011 09:08
Semua pemilik usaha berharap usaha mereka akan berhasil dan tidak menemukan masalah apapun yang dapat mengancam usahanya. Namun, kejadian tak terduga bisa terjadi yang akan membuat setiap bisnis yang tidak siap runtuh saat menghadapi penurunan usaha atau bencana. Untuk menghadapi hal-hal yang tak terduga dan melindungi bisnis Anda, penting untuk menciptakan dan menerapkan rencana kontingensi.

rencana_kon1011Rencana kontingensi adalah penting untuk melindungi perusahaan dari dampak negatif dari suatu peristiwa yang tak terduga. Peristiwa tersebut bisa berupa bencana alam, kematian pemilik perusahaan atau runtuhnya perekonomian. Tujuan dari rencana kontingensi adalah untuk mempertimbangkan semua peristiwa itu bisa terjadi dan bagaimana perusahaan akan menangani. Hal ini memastikan bahwa apa pun yang terjadi, perusahaan dan karyawan tahu apa yang harus dilakukan untuk membuat bisnis kembali ke jalur yang telah ditentukan.

Sebuah rencana kontingensi yang efektif harus menyertakan rincian secara luas. Alih-alih melihat apa yang mungkin terjadi, rencana kontingensi harus memuat apapun yang dapat terjadi. Sebagai contoh, virus komputer adalah peristiwa yang paling mungkin terjadi. Namun, bencana gempa bumi, banjir atau kejadian alam lainnya mungkin akan sangat kecil kemungkinannya. Sebuah rencana kontingensi yang efektif akan menyertakan bencana ini menjadi pertimbangan. Rincian apa yang harus dilakukan setiap karyawan dalam skenario masing-masing diuraikan dalam rencana kontingensi.

Sebuah bisnis yang tidak memiliki rencana kontingensi tidak siap jika terjadi kesalahan. Tanpa rencana kontingensi, karyawan yang tersisa akan panik dalam mencoba memberikan solusi secepat mungkin. Namun, bisnis yang telah membuat rencana kontingensi sebelum sesuatu yang buruk terjadi akan mengurangi waktu yang terbuang dan meningkatkan kecepatan pemulihan. Semakin sedikit perusahaan menghabiskan waktu pada pemulihan, semakin cepat bisnis tersebut bangkit setelah bencana.

Selain memiliki rencana kontingensi, karyawan-karyawan juga harus akrab dengan hal itu. Jika rencana kontingensi tersebut diketahui oleh banyak karyawan maka akan semakin cepat dapat diimplementasikan.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/amankan-bisnis/11917-rencana-kontingensi-untuk-pemulihan-bisnis.html

No comments:

Post a Comment