Tuesday, October 18, 2011

Ekuitas Keringat: Formula Ampuh Mendanai Usaha

Hits : 1415 PDF Cetak E-mail
Senin, 17 Oktober 2011 14:21
bisnis_mul1011Dari waktu ke waktu, kita sering menemukan orang-orang yang ingin menjadi entrepreneur. Itulah impian terbesar mereka. Mereka memiliki ide bisnis yang mereka yakini akan menghasilkan laba banyak. Tetapi tak peduli seberapa besar impian kita, kemungkinan berhasilnya lebih tipis jika kita hubungkan dengan ketersediaan aset keuangan. Apakah memungkinkan untuk menemukan sumber pendanaan selain sumber pribadi untuk ditanamkan dalam usaha?

Jawabnya ada! Selain aset keuangan, modal pada dasarnya datang dalam berbagai bentuk.  “Ekuitas keringat” lebih sering menjadi jenis utama modal yang ditanamkan oleh entrepreneur dalam usaha baru mereka. Entrepreneur sejati “hanya melakukannya”.

Merangkum pendapat Marty Zwilling, berikut adalah formulanya:
  • Jangan berhenti dari pekerjaan Anda sekarang: Diperlukan waktu untuk memantapkan usaha Anda hingga berhasil menghasilkan laba, investasi modal atau pemasukan yang memadai sehingga Anda bisa menghabiskan semua waktu Anda untuk itu.
  • Pelajari sebanyak mungkin tentang bagaimana memulai dan menjalankan bisnis:  Terdapat banyak buku berkualitas di luar sana. Pilih penulis berpengalaman dalam bidang entrepreneurship seperti Guy Kawasaki, Robert Kiyosaki, dan sebagainya. Anda juga jangan sampai melupakan buku-buku yang membahas topik yang menjadi kelemahan Anda, seperti penjualan, pemasaran, manajemen, keuangan ,dan sebagainya.
  • Rekrutlah penasihat yang berkompeten: Seorang pengacara perusahaan yang bagus berperan penting di sini. Di samping itu, temukan beberapa entrepreneur berpengalaman yang mau dan bersedia membantu Anda.
  • Susun rencana Anda: Software terjangkau seperti “Business Plan Pro” ialah beberapa yang bisa Anda mulai untuk miliki demi bisnis kecil Anda.
  • Buatlah produk yang bisa diluncurkan ke pasar: Asah kreativitas dan temukan cara untuk mengembangkan sebuah purwarupa atau prototipe yang terjangkau untuk membuktikan bahwa produk Anda memang nyata dan bisa memberikan solusi riil.
  • Tunjukkan pada konsumen potensial dan lihat apa pendapat mereka: Apakah itu bisa memecahkan masalah yang sesungguhnya? Akankah itu bisa menghemat dana, membuat mereka lebih baik, atau merasakan terpenuhinya kebutuhan dasar mereka?
  • Dapatkan pesanan pertama dari seorang konsumen: Yakinkanlah pelanggan untuk membayar Anda di muka. Buatlah produk, kirimkan kepada mereka, dan buat mereka senang.

Selamat, kini Anda memiliki sebuah produk yang terbukti bisa menghasilkan pemasukan. Kini pilihan Anda ada dua: menumbuhkan usaha dengan menggunakan pemasukan secara bertahap dari satu pelanggan ke lainnya atau menumbuhkannya dengan cepat menggunakan modal yang dikumpulkan dari sumber pendanaan eksternal. (*/Akhlis)

http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/12031-ekuitas-keringat-formula-ampuh-mendanai-usaha.html

No comments:

Post a Comment