Thursday, October 13, 2011

Perlukah Rencana Bisnis Sebelum Berbisnis?

Hits : 2165 PDF Cetak E-mail
Rabu, 12 Oktober 2011 13:31
Memulai dan menjalankan usaha berhubungan dengan keputusan keuangan yang memerlukan perencanaan yang cermat dan upaya yang tekun untuk mencapai keberhasilan. Banyak pemilik bisnis ahli di bidang yang terkait dengan bisnis mereka, tetapi kurang pengetahuan mengenai entrepreneurship dan manajemen bisnis. Sebuah rencana bisnis adalah sebuah dokumen yang menjabarkan semua aspek penting dari bisnis, yang harus Anda buat sebelum benar-benar meluncurkan bisnis.

rencanabis1011Sebuah rencana bisnis merupakan rincian aspek penting dari bisnis, seperti misi, produk, layanan, metode produksi, distribusi, target konsumen, pesaing, sumber pembiayaan, rencana pemasaran dan jadwal untuk mencapai profitabilitas. Semua komponen dari sebuah rencana bisnis merupakan pertimbangan penting bagi pemilik bisnis sebelum benar-benar memulai usaha sehingga sangat bijaksana untuk membuat rencana bisnis sebelum menghabiskan uang untuk membawa konsep bisnis Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin ingin memulai sebuah restoran pizza baru di lingkungan Anda, tetapi jika sudah ada banyak pesaing di daerah Anda, Anda mungkin menentukan bahwa itu tidak akan layak secara finansial untuk memulai restoran. Ketika Anda menulis rencana bisnis, hal itu akan membantu Anda menghindari kesalahan untuk memulai bisnis yang kemungkinan besar gagal.

Rencana bisnis dapat menjadi alat penting untuk mengamankan pembiayaan untuk bisnis. Bank dan investor sering kali mengharuskan Anda mengirimkan rencana bisnisnya. Oleh karena itu, jika Anda berencana untuk membiayai bisnis Anda bukan dari kantong Anda sendiri, Anda perlu rencana bisnis.

Rencana bisnis adalah suatu alat yang sangat penting untuk berpikir kritis tentang bisnis sebelum berdirinya. Selain itu, rencana bisnis berfungsi untuk mengamankan pembiayaan dan menghindari kesalahan-kesalahan. Sekedar informasi, tidak ada aturan baku yang menyatakan Anda harus membuat rencana bisnis. Sebab, banyak entrepreneur mampu menciptakan bisnis yang sukses tanpa membuat rencana bisnis. Meski begitu, rencana bisnis merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kemungkinan keberhasilan.

Jika Anda sudah menjalankan bisnis dan tidak pernah menciptakan sebuah rencana bisnis, Anda masih bisa mendapatkan manfaat dari rencana bisnis. Menulis sebuah rencana bisa membuat Anda tetap fokus pada tujuan Anda, membantu Anda mengidentifikasi ancaman dan peluang dan membuat Anda lebih sadar tentang bagaimana untuk memanfaatkan kekuatan dan mengatasi kelemahan Anda.

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/11901-perlukah-rencana-bisnis-sebelum-berbisnis.html

No comments:

Post a Comment