Saturday, October 8, 2011

Kiat Membangun Kredibilitas Bagi Entrepreneur Muda

Views :2417 Times PDF Cetak E-mail
Sabtu, 08 Oktober 2011 07:22
Merintis bisnis merupakan sebuah tantangan, terutama bagi entrepreneur yang masuk kategori belia serta kurang pengalaman. Tantangan terbesar mungkin bukan hanya terletak pada target untuk meraih revenue namun pada kenyataan dalam membangun kredibilitas. Walau akan menguras banyak perhatian, waktu dan tenaga tapi jangan biarkan usia menghalangi langkah dalam membangun kredibilitas.

young-entrepreneur“Muda dan belum berpengalaman bisa menjadi tantangan yang sesungguhnya,” ujar Susan Gregg Koger, 26 tahun, pendiri ModCloth-perusahaan ritel fashion online yang dibangunnya pada usia 17 tahun. Kini, perusahaan itu telah memiliki 240 karyawan dan membuka cabang di San Francisco, Los Angeles dan Pittsburgh. “Belajar dengan cepat dan memahami apa yang diinginkan user Facebook dan Twitter-itu merupakan hal yang penting untuk mempelajari demografi dan selera konsumen,” jelasnya.

Ia menambahkan, sangat penting untuk menerapkan pendekatan strategis dalam mengembangkan bisnis terutama ketika Anda tidak mempunyai pengalaman sebagai modal. Itulah pentingnya membangun kredibilitas. Tapi, bagaimana caranya?

Berikut adalah lima tips untuk membantu entrepreneur muda membangun kredibilitas agar bisnisnya meraih sukses seperti yang dikutip dari situs Entrepreneur.com.

Fokus. Fokus. Fokus
Anda memiliki segudang ide dan sangat bersemangat untuk merealisasikannya. Itu wajar dan hampir semua entrepreneur akan mengalaminya terutama di tahap awal memulai usaha. Tapi untuk membangun kredibilitas, entrepreneur harus benar-benar fokus. “Anda mungkin tidak bisa terampil dalam 20 hal yang berbeda sekaligus,” ucap Jared O’Toole, 25 tahun, pendiri Under30CEO-organisasi untuk entrepreneur muda yang bermarkas New York. “Selalu ada seseorang yang lebih baik dari Anda dalam menguasai satu dari 20 hal tersebut.” Karena itu O’Toole menambahkan, daripada membuat strategi tentang bagaimana membangun perusahaan bernilai miliaran dolar, lebih baik fokus pada usaha keras Anda. “Fokus yang seperti itu akan melahirkan kredibilitas,” lanjut O’Toole

Membuat Bisnis Online
Jagat maya merupakan tempat nyata untuk memulai membangun kredibilitas sebagai pemilik usaha. Demikian keyakinan Neil Patel, 26 tahun, pendiri KISSmetrics-perusahaan analisis web yang berlokasi di San Francisco. “Kehadiran web, selain lebih murah, juga cara yang tepat untuk menunjukkan kepada khalayak apa yang Anda ciptakan,” tuturnya. “Sebagai entrepreneur muda, hal tersebut sangat penting.”

Koger menambahkan, menurutnya tak hanya blogging dan media sosial yang berperan penting dalam memeroleh perhatian publik, namun berelasi dengan sesama pelaku bisnis online juga menjadi kunci utama. “Saya sering melakukan pendekatan dengan sesama pelaku bisnis online di awal-awal merintis bisnis,” ujarnya, “Dan, Anda takkan pernah tahu siapa (relasi) yang bisa membantu Anda.”

Luangkan Waktu untuk Kopi Darat
Aktif di sejumlah media sosial memang penting. Tapi, kopi darat untuk memperluas networking juga sama pentingnya bagi entrepreneur. “Anda mungkin saja menjalin relasi yang kuat (kepada konsumen) melalui mail atau media sosial tapi hal itu saja takkan membuat Anda maju ke level yang lebih tinggi,” ujar O’Toole. Bertemu langsung dengan klien juga bisa memengaruhi kredibilitas.

O’Toole menyarankan, menjalin relasi dengan seseorang yang mengenal dunia industri bisa meningkatkan kredibilitas Anda. Ketika khalayak tahu bahwa seseorang yang mempunyai pengaruh di dunia industri mengenal Anda, mereka pasti akan berpikir bahwa Anda telah melakukan sesuatu yang penting dalam bisnis Anda.

Membangun Relasi
Membangun relasi yang kuat dengan klien di awal-awal bisnis juga penting dalam menciptakan kredibilitas. Bagi Aaron Batalion, chief technology officer sekaligus pendiri LivingSocial-perusahaan daily deal yang berlokasi di Washington, D.C., membangun kerjasama serta menjalin hubungan yang erat dengan distributor serta konsumen sangatlah penting untuk membangun nama perusahaan. Batalion yang berusia 27 tahun saat merintis LivingSocial bersama teman-temannya pada tahun 2007, kini telah sukses mempekerjakan 2.500 karyawan dengan 40 juta member kliennya di seluruh penjuru dunia.

Jadilah Diri Sendiri
Anda mungkin akan berusaha keras untuk membuat diri Anda terlihat lebih tua dari usia yang sebenarnya untuk meraih kredibilitas di mata orang banyak, namun hal itu tak perlu dilakukan. Menurut Patel, entrepreneur muda haruslah percaya diri dan bersikap transparan. “Jika Anda terlihat dewasa serta cerdas di usia Anda, mengapa tidak menunjukkannya?” ucapnya.

Menyesal karena kurangnya pengalaman serta karena masih muda merupakan sikap yang tidak bijak, begitulah menurut pendapat Koger. “Jika Anda bekerja dengan seseorang yang mempermasalahkan usia Anda, itu kemungkinan bukanlah kerjasama yang harus Anda kembangkan,” terangnya.

Sementara menurut Batalion, fokus dengan apa yang menjadi keahlian Anda dan kesampingkan usia adalah hal yang penting. “Anda membangun kredibilitas dari bidang yang Anda kuasai, itu lebih penting. Pastikan keahlian itu merupakan sesuatu hal yang menjadi passion Anda,” tutup Batalion. (*/ely)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/177-manajemen/11773-kiat-membangun-kredibilitas-bagi-entrepreneur-muda.html

No comments:

Post a Comment