Tuesday, October 11, 2011

3 Cara Bangun Komunitas Ala Microsoft

Views :239 Times PDF Cetak E-mail
Senin, 10 Oktober 2011 11:20
BizSpark1011Tidak ada yang bisa melawan ganasnya para pembajak software sendirian, bahkan penegak hukum di sebuah negara besar sekali pun. Kita lihat saja Cina dan Indonesia. Keduanya adalah dua negara yang paling banyak menjadi sorotan dalam hal pemberantasan upaya pembajakan produk-produk intelektual. Berbagai upaya seperti sweeping terus dilakukan tetapi karena terjadi secara sporadis, hasilnya pun kurang efektif. Pembajak yang tertangkap tidak jera dan pembajakan serta penjualan produk-produk bajakan kembali merebak tak kenal ampun.

Kondisi semacam inilah yang sedang dihadapi oleh Microsoft Indonesia. Demi untuk meningkatkan penjualan yang tertekan angka pembajakan yang demikian tinggi di Indonesia, pihak Microsoft menempuh berbagai upaya. Salah satunya yang dilakukan ialah dengan membangun komunitas. Cara semacam ini juga bisa kita pelajari dan terapkan dalam setiap bisnis yang baru didirikan.

Ajak orang bergabung
Microsoft memiliki sebuah program bernama Bizspark, yang di dalamnya para pengusaha kecil dan masih hijau bisa bergabung. Entrepreneur ini bukan sembarang entrepreneur tetapi mereka yang terjun dalam bidang teknologi informasi baik yang berwujud jasa dan produk. Mereka inilah yang menjadi target utama pengguna Bizspark.

Belajar dari Microsoft, jika Anda ingin serius dalam bisnis dan membangun sebuah basis komunitas yang kuat untuk mendukung usaha baru Anda, jangan lupakan pentingnya pemasaran yang berkelanjutan dan efektif. Buat sebanyak mungkin orang mengetahui apa yang sedang Anda lakukan dengan membangun komunitas ini.

Tawarkan manfaat
Dalam program Bizspark, para anggotanya bisa mendapatkan semua perangkat lunak yang dijual oleh Microsoft . Tak hanya software yang bisa ditemui di pasar, anggota juga bisa menggunakan semua perangkat lunak produk Microsoft yang sudah tidak lagi dijual di pasar dan yang akan djual oleh Microsoft dalam waktu dekat. Sangat menggiurkan bagi para pebisnis pemula yang ingin menimba pengalaman dan ilmu. Mereka juga akan diberi pelatihan khusus dan informasi teknis tentang produk-produk Microsoft.

Bagi Anda yang ingin membangun sebuah komunitas dengan berdasarkan produk/ jasa yang Anda hasilkan, cobalah untuk tawarkan manfaat yang nyata dalam memajukan usaha para anggota. Berikanlah edukasi kepada para anggota Anda, tak hanya mengenai produk/ jasa Anda tetapi juga membuat keputusan terbaik terkait bidang industri yang ditekuni dan sebagainya.

Belum cukup? Cobalah berikan hak khusus bagi anggota. Berikan mereka hak-hak istimewa yang berbeda dari orang/ pihak selain anggota. Misalnya, Anda bisa berikan semacam potongan harga bagi para anggota yang loyal.

Berikan kemudahan berjejaring
Dengan menyatukan banyak usaha baru dalam Bizspark, Microsoft ingin membuat mereka lebih dekat dan berinteraksi dengan lebih mudah dalam rangka membangun ekosistem yang lebih baik dan kondusif untuk pengembangan usaha.

Sediakan cara untuk para anggota agar bisa saling berkomunikasi untuk saling membantu perkembangan usaha mereka. Selain itu, sebuah komunitas juga sebenarnya bisa menjadi ajang saling berbagi pengalaman dan pengetahuan antaranggota yang bergabung. Dengan begitu, akan semakin banyak anggota yang aktif dan makin banyak non-anggota yang berkeinginan untuk bergabung. (*/Akhlis)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/11829-3-cara-bangun-komunitas-untuk-genjot-penjualan.html

No comments:

Post a Comment