Thursday, October 13, 2011

Agar Iklan Anda Efektif

Views :185 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 13 Oktober 2011 13:33
iklan1011Dari mulut ke mulut ialah salah satu bentuk terbaik dari iklan, di mana seseorang yang sangat senang dengan produk atau layanan akan menyampaikan hal tersebut kepada kenalannya. Namun, kita tidak bisa hanya mengandalkan iklan dari mulut ke mulut.

Beriklan tetap harus Anda lakukan untuk mengenalkan produk atau layanan Anda. Agar iklan Anda efektif, Anda harus menentukan siapa pelanggan potensial yang dibidik serta media apa yang paling cocok untuk menjangkau mereka.

Berikut beberapa hal yang harus dilakukan agar iklan Anda efektif:

Tentukan target pemirsa

Tentukan jenis pelanggan yang membutuhkan produk atau layanan Anda. Tuliskan dalam beberapa kategori sebanyak yang Anda bisa. Misalkan, wanita karier, mahasiswa, pengusaha, penggemar olahraga dan pemilik mobil adalah beberapa contoh dari berbagai jenis atau kelompok masyarakat. Tentukan jenisnya untuk menjangkau pasar yang Anda tawarkan. Setelah mengidentifikasi target, selanjutnya Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang bagaimana menjangkau mereka dengan menggunakan beberapa metode iklan yang berbeda.

Media yang tepat

Cara yang paling efektif untuk mencapai target pasar Anda tergantung pada jenis produk atau layanan serta jenis orang yang ingin Anda bidik jadi konsumen. Sebuah produk mengenai otomotif dapat diiklankan di majalah otomotif atau pada brosur di bengkel. Pikirkan tentang semua cara tentang bagaimana Anda dapat mengiklankan bisnis Anda: surat kabar, radio, majalah, TV, internet, billboard, poster, kupon, buku telepon, brosur, dan katalog belanja.

Waktu yang tepat

Iklan Anda akan efektif jika tepat dengan peristiwa tertentu. Misalnya, sebuah toko bunga yang dapat memiliki pelanggan setiap saat karena terdapat peristiwa pemakaman, ulang tahun dan pernikahan yang terjadi sepanjang tahun. Namun, toko tersebut dapat meningkatkan penjualan dengan mengiklankan penawaran khusus untuk Hari Valentine.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/11930-agar-iklan-anda-efektif.html

No comments:

Post a Comment