Sunday, October 2, 2011

Raup Untung dari Penangkaran Cucak Rowo

Views :2103 Times PDF Cetak E-mail
Minggu, 02 Oktober 2011 11:15
Untuk memulai bisnis penangkaran cucak rowo, sebaiknya didasarkan pada hobi. Namun, bukan berarti jika kurang memiliki hobi tidak bisa terjun ke bisnis penangkaran cucak rowo.

burung-cucak-rowoSebenarnya banyak penangkar cucak rowo yang siap membantu. Tinggal sekarang bagaimana memilih penangkar binaan cucak rowo yang baik dan bertanggung jawab. Safrudin menyarankan, jika ingin belajar dengan prospek yang maksimal sebaiknya membeli induk yang berasal dari penangkar berpengalaman.

Biasanya penangkar yang sudah lama akan memberikan bimbingan, malah jika kurang berhasil bertelur bisa ditukar kembali dengan yang lebih prospek. ”Saya sudah mencoba. Kalau mau bisnis jadi penangkar, carilah bimbingan dengan yang sudah berpengalaman,” terang Safrudin.

Cara memaster induk cucak rowo pun harus benar dan dilatih satu hari delapan jam selama minimal delapan bulan. Untuk memudahkan pelatihan, baiknya di sela-sela kandang diputarkan CD dengan suara sayup-sayup santai. Burung tersebut pasti akan mengikuti suara CD-nya.

Namun, ada baiknya kalau mau memaster induk cucak rowo sebaiknya tiga hingga empat ekor. “Tidak mungkin bisa satu hari melakukan itu kalau tidak menggunakan alat,” ujarnya. Untuk melihat perkembangan induk cucak rowo, penangkar bisa mempergunakan teknologi CCTV yang ditempatkan di dalam kandang. Jumlahnya bervariasi, bisa tiga atau empat, bergantung kebutuhan.

Keberadaan CCTV itu juga bisa digunakan untuk menjaga keamanan dari cucak rowo. Maklum, harga per ekor cucak rowo relatif mahal, apalagi jika telah berusia lebih dari satu tahun dan bersuara ropel. Sedangkan masalah bertelur bagi burung cucak rowo, Safrudin mengatakan untuk tahap awal memang diperlukan waktu yang cukup lama.

Tapi setelah itu, burung cucak rowo akan bertelur setiap dua minggu. Pada usia 1,5 bulan, anakan cucak rowo sudah bisa ditawarkan kepada peminat dengan harga mulai dari Rp2,5 juta per ekor. (*/Koran SI)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/kembangkan-uang-anda/11628-raup-untung-dari-penangkaran-cucak-rowo.html

No comments:

Post a Comment