Wednesday, October 12, 2011

4 Karakteristik Umum Entrepreneur A-List


Views :1160 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 12 Oktober 2011 11:50
entrepeneurBanyak entrepreneur pemula yang mengklaim diri mereka berpengalaman. Padahal pengalaman dan wawasan mereka belum seberapa. Selain itu lebih banyak lagi yang mencoba untuk menjadi entrepreneur, sebagian besar gagal dan kehilangan kepercayaan diri dalam perjalanan memulai bisnis baru.

Namun seorang entrepreneur suskes ialah orang yang akan memulai bisnis meski sudah terjatuh beberapa kali. Apakah gagal atau sukses, mereka terus belajar dari pengalaman. Dalam tubuh mereka seakan mengalir darah entrepreneurship yang mendorong merek untuk terus menciptakan dan membentuk bisnis.

A-list adalah sebuah ungkapan untuk menunjukkan kualitas unggulan, teratas, terbaik. Nah untuk bisa disebut sebagai seorang entrepreneur A-list, Anda perlu memenuhi setidaknya beberapa karakteristik sebagai berikut.

Asyiknya Tantangan
Bagi banyak entrepreneur A-list, kebulatan tekad mereka dilandasi oleh rasa asyik yang mereka temukan saat terlibat dalam pendirian bisnis yang mereka yakini akan berhasil. Entrepreneur A-list sering mampu menolerir tingginya risiko demi mendapatkan imbalan yang tinggi pula karena mereka tak ragu untuk mengambil risiko (terukur) dengan taruhan yang tidak main-main. Ada banyak kisah mengenai bagaimana entrepreneur A-list bisa meraup untung besar dan bagi banyak orang, keberanian itu terbayar dan berhasil.

Menjadi seorang entrepreneur diiringi dengan keasyikan yang tidak bisa ditandingi oleh asyiknya menjadi pekerja bagi orang lain. Saat keberhasilan atau kegagalan sebuah bisnis bergantung pada kebijakan dan tindakan satu orang, keasyikan justru meninggi.

Liarnya kreativitas
Sejumlah entrepreneur A-list memiliki ide bagus yang tak ada habisnya. Mereka selalu merasa penasaran dan selalu bertanya, “Bagaimana jika...?” Di samping itu, entrepreneur A-list merasa tidak cukup dengan membangun satu bisnis saja dan menjalankannya terus menerus tanpa menjelajahi pilihan bidang lain dan ide bisnis lain yang tak kalah menjanjikan dan segar.

Tak sedikit entrepreneur A-list sekarang ini juga dulunya bekerja sebagai karyawan. Mereka mencurahkan ide dan tenaga bagi perusahaan orang lain tetapi merasa terhambat saat manajemen perusahaan tidak mampu menampung kreativitas yang mereka miliki. Karena itulah, orang-orang ini meninggalkan kantor bosnya dan memulai bisnis sendiri dengan berbekal ide bisnis mereka yang cemerlang. Dan tidak jarang ditemui seorang entrepreneur yang tidak pernah merasa puas dengan satu keberhasilan saja. Mereka terus mencari celah untuk mencapai prestasi lebih tinggi.

Prestasi
Banyak entrepreneur A-list yang tidak sabar untuk membuktikan hipotesis mereka secara langsung. Mereka hanya ingin berhasil dengan cara mereka sendiri dan memberikan pengaruh dengan hasil jerih payah mereka. Bisa saja ia ingin menunjukkan pada orang lain bahwa mereka memiliki kemampuan untuk berhasil. Namun, tanpa kualitas ini, seorang calon entrepreneur A-list  hanya bisa berhasil sekali saja.

Terus mencoba
Kegagalan selalu menjadi realita yang harus dihadapi entrepreneur A-list tetapi jangan pernah menganggapnya sebagai sebuah penghalang. Seorang entrepreneur A-list selalu terbuka menghadapi risiko kegagalan. Mereka memiliki energi yang berlimpah dan kepercayaan diri yang membedakan mereka dari jenis entrepreneur yang ‘angin-anginan’.

Bahkan sosok entrepreneur hebat seperti Donald Trump pernah mengalami kegagalan. Setelah pengembangan real estat komersial yang sukses di era 1980-an, ia mengalami kemunduran secara finansial karena cakupan bisnis yang terlalu luas dan kehilangan sebagian besar kerajaan bisnisnya. Namun tekad bulatnya membawanya kembali dan kini ia masih menjadi salah satu pengembang real estat dunia terbaik.

Sebagian entrepreneur A-list dilahirkan, sementara yang lain dibentuk dengan sengaja. Entrepreneur yang sukses memiliki lebih banyak lagi kualitas prima yang tidak bisa terangkum seluruhnya di sini tetapi inilah 4 karakteristik umum di atas. Miliki keempatnya jika ingin bisnis Anda terus sukses berulang kali. (*Akhlis)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/163-umum/11898-4-karakteristik-umum-entrepreneur-a-list.html

No comments:

Post a Comment