Thursday, July 12, 2012

Tips Toko Online Meraih Pelanggan


Wicaksono Surya Hidayat | Kamis, 12 Juli 2012 | 14:51 WIB

ShopFair
Penulis: Tim Shopfair*

Kebutuhan masyarakat di kota-kota besar semakin meningkat dan bervariasi, sehingga menuntut cara yang praktis dan waktu yang fleksibel untuk memenuhi kebutuhan dengan mudah dan cepat. Kondisi tersebut mendorong berjamurnya toko online/perniagaan elektronik (e-commerce) di dunia internet.

Bervariasinya e-commerce dengan konsep yang tidak jauh berbeda, menyebabkan persaingan antar pebisnis e-commerce semakin ketat. Lalu, bila telah memiliki e-commerce, bagaimana cara menarik pembeli untuk berbelanja? Berikut beberapa tips menarik pembeli e-commerce.
  1. Pemilik online-commerce harus memiliki situs yang dibangun secara profesional dan mudah digunakan oleh calon pembeli. Jangan biarkan pengunjung menghabiskan waktu berjam-jam untuk menelusuri toko online karena kebingungan.
  2. Selain menyediakan “Frequently Asked Question” yang berisikan kumpulan pertanyaan dan jawaban seputar produk, sediakan juga kolom untuk memberikan penjelasan lebih jauh tentang produk yang ditawarkan, serta beragam informasi serta tips yang berhubungan dengan produk dan jasa.  
  3. Kemudian, pelanggan online harus dipancing dengan website yang kreatif/interaktif, ramah pengunaanya, dan cepat tanggap. Pelayanan adalah penting bagi pelanggan. Mereka harus bisa dengan mudah menghubungi melalui sms, email atau nomor telpon dan sebaiknya pengelola selalu siap untuk merespon berbagai pertanyaan.
  4. Terakhir, sangat penting untuk memperhatikan perkembangan tren termutakhir serta memberikan informasi mengenai produk-produk terbaru kepada pelanggan.

Bagi pemilik e-commerce, event Shopfair yang diadakan 13-14 Juli di Epiwalk Kuningan Jakarta merupakan kesempatan untuk bertatap muka dengan pelanggan. Penjual dapat menunjukkan langsung kualitas barang sehingga menambah kepercayaan pelanggan dan bisnis akan semakin berkembang.
* ShopFair 2012 digelar di Epiwalk, Kuningan, Jakarta pada 13-14 Juli 2012

http://tekno.kompas.com/read/2012/07/12/14511236/Tips.Toko.Online.Meraih.Pelanggan

No comments:

Post a Comment