Friday, July 13, 2012

Celah bisnis sop buah

TAWARAN KEMITRAAN

Celah bisnis sop buah

Saat cuaca panas seperti sekarang, semangkuk sop buah bisa menjadi pelepas dahaga yang nikmat. Tak heran, bila minuman ini cukup laris di pasaran. Muammar Qadafi, pemilik Sop Buah Quldi di Jakarta memanfaatkan peluang itu.
Guna membesarkan usahanya, Qadafi menawarkan kemitraan sejak enam bulan silam. Usahanya sendiri berdiri empat bulan sebelumnya. "Tadinya, kami hanya menjual sop buah secara online atau pesanan antar di Jakarta, tapi karena tingginya permintaan akhirnya kami buka kemitraan," kata Qadafi.
Ternyata, pilihan untuk membuka kemitraan tidak keliru. Hanya dalam enam bulan, gerainya kini sudah berjumlah 14 gerai. Gerai milik sendiri hanya satu dan selebihnya milik mitra. "Selain Jakarta, cabang kami juga ada di Madiun, Samarinda, Balikpapan, dan Banjarmasin," jelasnya.
Qadafi mengklaim, kelebihan sop buahnya terletak pada pilihan racikan buahnya. Menurut dia, Sop Buah Quldi tidak menggunakan buah seperti apel, anggur, ataupun buah yang kerap digunakan sop buah lainnya.
Sebagai pengganti, ia memakai buah alpukat, kurma, dan kismis. "Adapun air yang digunakan adalah air zamzam sehingga menggoda banyak pelanggan," ujar dia.
Qadafi juga bilang, tampilan sop buahnya menyerupai es teler, sehingga menambah selera orang untuk mencicipinya. Sop buah ini dibanderol Rp 7.000 untuk wilayah Jawa dan Rp 9.000 untuk wilayah Kalimantan. Dalam sehari, kata Qadafi, mitra bisa menjual sekitar 100 cup. "Terlebih dibulan puasa ini bisa dua kali lipat," tandasnya.
Ia mengaku, permohonan untuk menjadi mitra usahanya itu terus berdatangan. Bulan puasa ini, ia akan membuka dua atau tiga cabang baru. "Kami kewalahan dan tak bisa memenuhi harapan calon mitra yang ingin cepat membuka gerai sebelum bulan puasa,' tuturnya.
Sop Buah Quldi menawarkan dua paket investasi. Yakni, paket booth small yang dibanderol Rp 10,7 juta dan paket booth large senilai Rp 14,7 juta. Ia bilang, di hari biasa omzet mitra bisa mencapai Rp 700.000 per hari. Dengan laba sekitar 50%, mitra bisa balik modal dalam waktu dua bulan. "Memasuki bulan puasa kami yakin omzet lebih dari itu dan balik modal bisa diraih lebih cepat," katanya.

http://peluangusaha.kontan.co.id/news/celah-bisnis-sop-buah

No comments:

Post a Comment