Sunday, July 15, 2012

Kiat Tetapkan Tarif atas Jasa Anda

Hits : 945 PDF Cetak E-mail
Minggu, 15 Juli 2012 14:38

Apakah Anda telah dibayar secara pantas atas apa yang sudah Anda kerjakan? Banyak konsultan dan pekerja lepas yang menerima penghasilan lebih sedikit daripada seharusnya karena mereka tak menyadari nilai jasa mereka yang sebenarnya. Berikut adalah beberapa kiat untuk menyiasati masalah ini.

Salah satu kesalahan pemasaran terbesar ialah kesalahan yang terlihat remeh tetapi mematikan dan fatal. Jarang para pekerja profesional yang selama bertahun-tahun bekerja merasa sudah mendapatkan bayaran yang pantas dan layak. Setiap orang merasa demikian dan meski begitu sedikit orang yang melakukan sesuatu untuk mengatasinya.

Jika Anda memiliki banyak cara untuk menaikkan tarif jasa Anda atau mengemas ulang layanan Anda utnuk memberikan nilai tambah lebih tinggi, Anda mungkin akan menghadapi masalah dalam menaikkan tarif karena kondisi Anda sudah demikian sejak awal sehingga lebih sukar untuk mengubahnya.

  • Anda memandang uang sebagai komoditas yang langka yang sukar diperoleh (tak peduli berapa banyak yang Anda miliki)
  • Anda berpikir bahwa orang yang menghasilkan lebih banyak uang dari Anda memiliki moral yang lebih rendah (bahkan jika Anda merasa iri pada mereka)
  • Anda merasa sulit untuk berinvestasi pada diri sendiri dengan mengikuti workshop atau program pelatihan. Investasi selalu terlihat seperti pengeluaran bagi Anda.
  • Saat Anda menghasilkan uang yang memadai, Anda berpikir uang itu tak akan bertahan lama atau tak mencukupi. Gelas itu selalu setengah kosong.
  • Anda merasa sedang berbuat baik saat bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik tetapi merasa sedikit banyak bersalah saat Anda memberikan tarif yang lebih tinggi.

Semua gejala itu merupakan pola pikir yang akan membuat masalah di kemudian hari. Dan untuk beberapa alasan, sebagian besar kita tampak terbebani dengan hal itu. Menghasilkan uang secara alami dalam kehidupan kita menjadi konsep yang asing bagi kita.

Memulai dengan menghargai diri sendiri
Apa yang Anda bisa lakukan dengan memulai dari pola pikir berkekurangan menjadi berkecukupan? Terdapat banyak cara dan diperlukan kesabaran untuk mengubah ini semua. Initinya fokuslah pada satu hal: apa yang Anda sebenarnya bebankan pada klien. Apa yang Anda akan lakukan ialah mengubah pengaturan dalam kondisi keuangan Anda.

Berikut adalah proses sederhana yang terdiri dari 5 langkah yang tidak akan memakan banyak waktu dan membantu Anda mengubah persepsi terhadap nilai layanan Anda sendiri.
  • Buatlah daftar hal-hal yang sudah Anda lakukan untuk klien. Ini bisa menjadi sebuah daftar panjang yang melingkupi segala hal yang terlintas dalam pikiran Anda.
  • Buat daftar hal yang Anda sudah lakukan untuk klien. Daftar ini hendaknya memuat semua hal yang mencakup semua pekerjaan detil.
  • Saringlah dari daftar ini hingga menjadi 5 klien saja yang paling menghasilkan banyak pemasukan untuk Anda dan cobalah untuk memperkirakan nilai aktual setiap klien yang Anda terima. Buatlah senyata mungkin.
  • Kemudian tanyakan pada diri Anda sendiri, dengan nilai aktual yang diterima dari setiap klien, berapa harga yang pantas untuk layanan Anda? Bagaimana jika dibandingkan dengan harga yang Anda bebankan?
  • Kini ambil harga yang lebih pantas tersebut yang didasarkan pada nilai/ manfaat nyata yang diberikan dan kalikan dua. Jadi jika Anda sebenarnya membebankan Rp 10 juta dan harga yang lebih pantas ialah Rp 20 juta , tulislah Rp 40 juta.
  • Lalu katakan dengan lantang (pada diri Anda sendiri atau teman): "Berapa tarifmu untuk proyek ini?" Anda harus menjawab: "Tarif untuk proyek ini Rp 40 juta". Ulangi beberapa kali hingga Anda bisa menjawab dengan mantap dan lebih alami.
Sebelum Anda menghasilkan uang lebih banyak, Anda perlu meyakini bahwa Anda pantas mendapatkan lebih banyak. Ubahlah standar kekayaan Anda dan uang akan mulai mengalir mendatangi Anda lebih mudah, dengan usaha dan kerja yang lebih sedikit.(*AP)

http://www.ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/47-memulai-bisnis/18598-kiat-tetapkan-tarif-atas-jasa-anda.html

No comments:

Post a Comment