Thursday, July 26, 2012

Membuat Anggaran Keuangan Pribadi

Views :274 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 26 Juli 2012 09:31
kalkulator0712Membuat anggaran keuangan pribadi alias untuk diri sendiri mungkin memang tak semenarik bagaimana menginvestasikan uang untuk mobil kesayangan. Namun ini adalah suatu hal yang penting dilakukan sebelum 'bermain' dengan uang. Sebelum Anda membuat anggaran keuangan, buatlah daftar pemasukan dari mana uang Anda berasal, berapa besarnya dan di mana kemungkinan akan menyimpannya.

1. Kumpulkan semua informasi keuangan, termasuk print koran dari bank, catatan investasi, dan semua keterangan tentang pendapatan. Semakin banyak Anda merinci dan menyimpan catatan sumber penghasilan, akan semakin mudah untuk membuat anggaran keuangan.

2. Catat semua sumber pendapatan keuangan Anda. Baik itu yang diperoleh dari pekerjaan tetap sebagai karyawan, pekerjaan sampingan atau hanya sekadar pekerjaan berdasarkan hobi.

3. Buatlah catatan setiap bulannya sehingga di akhir tahun nanti, Anda mengetahui jumlah pemasukan dan pengeluaran. Termasuk di dalamnya semua pembayaran, seperti tagihan listrik, telepon, asuransi, dana hiburan, dana sosial, uang saku anak, uang sekolah anak, dan semua hal yang Anda lakukan berkenaan dengan pengeluaran.

4. Buatlah dua daftar: pengeluaran pasti dan pengeluaran tak pasti. Pengeluaran pasti berisikan tentang pengeluaran yang harus Anda bayarkan setiap bulannya. Sedangkan pengeluaran tak pasti adalah pengeluaran yang datang sewaktu-waktu atau secara spontanitas, seperti sumbangan, dana hiburan, dan dana untuk makan di luar rumah.

5. Jumlahkan semua pendapatan dan pengeluaran Anda perbulannya. Jika jumlah pendapatan lebih besar dari pengeluaran, maka Anda termasuk orang yang memiliki manajeman keuangan yang baik. Ini berarti Anda masih bisa menyimpan sedikit uang untuk dana pensiun. Sebaliknya, jika total pengeluaran lebih besar dari pendapatan, berarti Anda harus mengubah gaya hidup. (*/mediaindonesia.com)

http://ciputraentrepreneurship.com/component/content/article/209-personal-finance/18867-membuat-anggaran-keuangan-pribadi.html

No comments:

Post a Comment