Friday, July 27, 2012

Peluang bisnis software sekolah

TAWARAN KEMITRAAN

Peluang bisnis software sekolah

Selama ini banyak orangtua kesulitan memantau perkembangan akademik anaknya di sekolah. Tidak hanya minim informasi mengenai perkembangan anak, orangtua juga minim informasi tentang kegiatan sekolah tempat anaknya menuntut ilmu.
Bagi PT Kastari Sentra Media, kendala informasi itu merupakan peluang bisnis. Perusahaan yang bermarkas di Serpong, Banten ini menawarkan perangkat lunak berupa website sebagai solusi untuk mengatasi masalah itu.
Produk yang diberi nama school guard ini dapat menjadi media komunikasi antara sekolah, anak, dan orangtua. Melalui perangkat itu, pihak sekolah dapat menuliskan semua informasi kegiatan sekolah dan perkembangan siswa setiap hari.
Sementara orangtua dapat mengakses informasi itu lewat telepon genggam hanya dengan menuliskan nama dan kata sandi.
"Beberapa informasi yang didapat tentang absensi siswa, jadwal pembayaran, jadwal pelajaran, nilai siswa, dan kalender akademik," ujar Apeng Orianto, Kepala Pengembangan Kastari.
Guna memasarkan produknya, Kastari menggandeng pihak sekolah dengan sistem kemitraan. Kerjasama ini mulai ditawarkan akhir 2011 dan saat ini sudah memiliki dua mitra di Jabodetabek.
Ada empat paket investasi yang ditawarkannya. Pertama, paket A dengan investasi Rp 5 juta-Rp 9 juta. Mitra akan mendapat paket school guard dengan tiga fitur.
Kedua, paket B senilai Rp 7 juta-Rp 11 juta yang terdiri empat fitur paket school guard. Ketiga, paket C senilai Rp 9 juta-Rp 13 juta yang memiliki lima fitur school guard.
Terakhir paket D senilai Rp 11 juta-Rp 15 juta dengan sembilan fitur. Setiap paket berlaku untuk kerja sama lima tahun. Untuk semua paket itu, mitra mendapatkan laptop, link school guard untuk sekolah, dan kebutuhan lainnya.
Bagi orangtua yang memakai media ini, sekolah bisa memungut biaya Rp 15.000-Rp 45.000 per bulan. Jika jumlah siswa 300 dan setiap siswa membayar Rp 25.000 per bulan, omzetnya Rp 7,5 juta.
Sementara pengeluarannya hanya membayar biaya internet, administrator yang mengelola, dan guru-guru yang rajin mengisi website.

http://peluangusaha.kontan.co.id/news/peluang-bisnis-software-sekolah

No comments:

Post a Comment