Monday, July 16, 2012

Menggali Potensi Global dari Kesederhanaan

Views :551 Times PDF Cetak E-mail
Minggu, 15 Juli 2012 16:29


CE News, Jakarta - Dalam diskusi “Kesederhanaan yang Menyimpan Kekuatan Global” yang diadakan Senin lalu (9/ 7) dalam event Technopreneurship Pemuda 2012 di BPPT Jakarta, dihadirkan dua praktisi sekaligus entrepreneur yang berusia relatif muda tetapi telah mengecap banyak pengalaman bisnis di tataran internasional. Mereka adalah Andy Zein dan Phidi Soepangkat. Keduanya hadir memberikan beragam pandangan dan motivasi bagi peserta workshop technopreneurship yang kelak diharapkan akan dapat menjadi lokomotif penggerak kemajuan entrepreneurship terutama dalam bidang teknologi, di Indonesia.

Di akhir diskusi, Andy memberikan 4 poin kunci yang harus diperhatikan saat membangun usaha baru yang kelak siap bertarung di kancah dunia:
  1. Passion: Pastikan hal yang dikerjakan ialah sesuatu yang Anda rela kerjakan selama dalam waktu yang lama. Dengan demikian, Anda yakin bahwa Andalah orang terbaik untuk melakukan hal itu. Ada orang lain yang mungkin memiliki kompetensi yang sama dengan Anda tetapi jika Anda memiliki tingkat passion yang lebih tinggi dari mereka, Anda bisa berpeluang lebih berhasil daripada mereka dalam bidang itu.
  2. Bermimpi setinggi mungkin: Kita adalah bangsa yang besar, karenanya jangan takut untuk menargetkan sesuatu dengan skala dunia. Jika impian yang Anda miliki tidak terlalu menakutkan bagi Anda saat membayangkannya, berarti itu ada yang salah. Singkatnya, bila impian kita tak membuat kita takut, maka impian itu belum cukup besar.
  3. Network/ jejaring: Jangan hanya bekerja sendiri, ajak teman sebanyak mungkin. Pertinggi kesempatan untuk sukses dengan melakukan berbagai kerjasama melalui perluasan jejaring pertemanan yang mendukung perkembangan ide bisnis kita. Jangan berpikiran sempit, berpikirlah terbuka. Bahkan jika memungkinkan, kerjasama dengan teman atau rival pun bisa dilakukan bila dipandang lebih menguntungkan untuk kedua belah pihak. Dengan begitu, bisnis Anda akan melangkah lebih pesat daripada jika Anda berusaha sendiri tanpa bantuan mitra.
  4. Konsistensi dan tekad: Dalam membuat  bisnis yang mampu bersaing di kancah global, diperlukan konsistensi dan persistensi / tekad yang tak terpatahkan karena banyaknya aral yang melintang antara Anda dan impian Anda di depan. Andy mencontohkan bagaimana Phidi Soepangkat, CEO Desktop IP, harus berjuang dalam menghadapi penolakan demi penolakan oleh tak kurang 80 investor potensial dan ia tetap mencari.

Sementara itu, Phidi Soepangkat (pemilik dan CEO Desktop IP) memberikan pesannya yang tak kalah mencerahkan pemuda-pemudi tersebut. "Let’s create the future, but don’t copy the best," demikian pesannya. "Kita bangsa Indonesia menciptakan masa depan dengan  suka meniru yang terbaik dengan melakukan lompatan katak (leap frog)," ungkapnya. "Kita harus bisa mengungguli AS , kita harus bisa loncat di depan mereka dengan teknologi baru,"  ujar Phidi yang selama 18 tahun merantau ke negeri Paman Sam untuk bekerja di sejumlah perusahaan TI terkemuka.

(*AP)

http://www.ciputraentrepreneurship.com/berita/berita-ce/18603-menggali-potensi-global-dari-kesederhanaan.html

No comments:

Post a Comment