Tuesday, July 24, 2012

Menyoal Diferensiasi Kompetitif

Hits : 468 PDF Cetak E-mail
Selasa, 24 Juli 2012 13:27
Salah satu pertanyaan yang paling banyak ditanyakan saat menemui seseorang yang akrab dengan salah satu dari kompetitor ialah "Bagaimana Anda berbeda dari perusahaan A, B atau C?" Umumnya, begitu juga dalam berbagai bidang industri, sebagian besar kita tak pernah saling bersaing.

Berikut ialah sejumlah pendekatan terhadap pertanyaan diferensiasi kompetitif tersebut:
  • Fokus pada ukuran perusahaan yang menjadi target, industri yang digarap dan relasi vertikal (misalnya UKM versus korporasi besar; perawatan kesehatan versus layanan keuangan)
  • Pecahkan masalah fungsionalitas produk spesifik dan gunakan kasus (misalnya fitur x versus fitur Y)
  • Bicarakan tentang akuisisi pelanggan (penjualan) dan pendekatan layanan (misalnya penjualan internal versus penjualan di lapangan)
  • Kemukakan dengan jelas dan mudah dipahami budaya perusahaan berbeda, pengumpulan dana dan strategi lainnya.
Hal yang terpenting untuk dilakukan mengenai isu diferensiasi kompetitif ini ialah menjawab dengan tepat dan akurat serta jelas. Sering sekali saat kita menanyakan pertanyaan itu kepada orang lain, kita mendapatkan jawaban panjang yang tidak menjawab pertanyaan Anda. Usahakan untuk membuatnya tetap singkat, padat dan jelas. (*AP)

Sumber gambar:
Livedream.co
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/18822-menyoal-diferensiasi-kompetitif.html


No comments:

Post a Comment