Wednesday, July 11, 2012

Bisnis sebagai Sarana Aktualisasi Diri

Hits : 848 PDF Cetak E-mail
Selasa, 10 Juli 2012 09:50
Dalam buku berjudul “Peak: How Great Companies Get Their Mojo From Maslow” oleh  Chip Conley dikemukakan sejumlah gagasan menarik mengenai dunia bisnis dan bagaimana menghubungkannya dengan pengembangan kepribadian orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Chip Conley adalah pendiri Joie de Vivre Hospitality, salah satu perusahaan hotel butik terbesar di AS. Ia dikenal sebagai pembicara yang sering mengangkat tema pentingnya budaya perusahaan dan pengembangan pegawai dalam perusahaan. Ide Chip makin dianut banyak orang, terbukti dengan makin banyaknya pebisnis yang menyadari pentingnya memiliki budaya perusahaan yang kokoh dan positif.

Chip sendiri meyakini bahwa perusahaan apapun di dunia ini bisa menjadi alat untuk memperbaiki keadaan dunia menjadi lebih baik dengan membantu para karyawan yang bekerja di dalamnya untuk mencapai potensi tertinggi mereka.

Aktualisasi diri, jika bisa didefinisikan secara sederhana saja, ialah keinginan mendapatkan kepuasan pribadi, yakni kecenderungan bagi si individu untuk menjadi tertuang dalam potensi dirinya yang sesungguhnya.
Mayoritas startup merupakan sarana untuk membangun para pemimpin komunitas, startup juga menjadi sarana utnuk membantu orang memaksimalkan potensi mereka dan benar-benar mendorong mereka mencapai batas kemampuan dalam koridor yang benar.

Startup atau perusahaan baru yang berbeda dari banyak lingkungan kerja lainnya, memberdayakan pegawainya untuk berperan berbeda dan mengerjakan banyak jenis proyek saat dibandingkan sebuah bisnis tradisional.

Tantangan yang saling berhubungan dan paparan terhadap risiko menambah kemungkinan bagi anggota tim itu untuk menemukan apa yang mereka sukai untuk alkukan, berupaya untuk terus lebih baik dan menghasilkan kepuasan pribadi untuk diri mereka sendiri masing-masing.Memang tak selalu berhasil tetapi bagi mereka bisa jadi itu berhasil. Startup membantu mereka menjalani perjalanan aktualisasi diri seseorang. (*AP)
Sumber gambar: mademan.com

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/37-advise/18443-bisnis-sebagai-sarana-aktualisasi-diri-.html

No comments:

Post a Comment