Saturday, September 1, 2012

Ubah Kelemahan Bisnis Jadi Kelebihan yang "Menjual"


Hits : 974 PDF Cetak E-mail
Jumat, 31 Agustus 2012 14:16
Sebuah hotel tanpa pendingin ruangan, kamar-kamar yang dipenuhi nyamuk, dan tanpa ruang layanan yang representatif mungkin bagi banyak orang terkesan seperti sebuah bisnis yang sedang dalam ambang kehancuran. Tak akan ada orang yang mau menginap di sana kecuali terpaksa dengan alasan tertentu.


Namun, jangan salah. Kita bisa mengubah hal-hal yang tidak menyenangkan tersebut menjadi suatu poin yang berdaya jual dan menarik lebih banyak orang mendatangi hotel Anda itu. Caranya? Anda misalnya bisa melabeli hotel tersebut menjadi sebuah hotel dengan aliran eco-tourism, yang di dalamnya tidak diperkenankan adanya pestisida atau bahan artifisial berbahaya dalam bentuk apapun. Dan lingkungan yang tidak bebas nyamuk itu pun akan menjadi sebuah kelebihan tersendiri bagi bisnis hotel Anda.

Banyak produk dan layanan yang sukses di pasar dahulunya adalah produk dan layanan yang kurang disukai. Tetapi setelah dilakukan penyesuaian, misalnya dalam hal gaya atau performa, dan menggantinya dengan aspek lain (misalnya kesederhanaan, keterjangkauan, atau kenyamanan), justru akhirnya ada banyak orang yang menyukai dan membelinya.

Nah, jika Anda merasa produk atau jasa Anda kurang menarik konsumen di pasar, pikirkan untuk mengubah kekurangan dan cacat tersebut menjadi fitur yang disukai dan menjadi unggulan bisnis Anda. Temukan orang-orang yang bersedia menghargai kelemahan itu sebagai sebuah kelebihan. Hotel penuh nyamuk tadi misalnya akan menjadi hotel yang digemari oleh para pecinta lingkungan, atau anak-anak muda yang menyukai alam bebas dan tarif menginap murah, alih-alih sebuah hotel eksklusif yang membuat mereka berpikir seribu kali untuk check in. (*AP)

Sumber gambar:
miratelinc.com

http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/19674-ubah-kelemahan-bisnis-jadi-kelebihan-yang-qmenjualq.html

No comments:

Post a Comment