Sunday, September 2, 2012

Memulai Bisnis Sendiri, Simak Trik Berikut

Hits : 318 PDF Cetak E-mail
Senin, 03 September 2012 10:14
bisnis0512
Memiliki bisnis sendiri boleh dibilang menjadi impian banyak orang. Bayangkan, betapa asyiknya membesarkan bisnis yang merupakan milik kita sendiri. Kerja sangat keras pun tampaknya tidak terasa lelah karena kita bak membesarkan anak sendiri. Hasilnya pun akan kita rasakan sendiri.

Namun, boleh dibilang juga memulai usaha tidak semudah membalikkan telapak tangan. Hal pertama yang boleh jadi merupakan masalah besar adalah menemukan bisnis yang sesuai dengan minat kita. Sebaiknya bisnis yang kita jalani terkait dengan hal yang kita pahami benar.

Selanjutnya, menurut Ahmad Gozali, seorang perencana keuangan, butuh kepercayaan diri yang kuat untuk melangkah memulai bisnis ini. Mulailah dari langkah kecil, karena sebuah lompatan besar tidak akan terjadi tanpa awalan lari. Dan, lari tidak lain hanyalah langkah-langkah kecil yang dipercepat.

Kalaupun belum bisa melangkah sekarang, kata Gozali, mulailah membuat rencana. Misalnya, bidang usaha apa yang ingin Anda pelajari dan berapa lama. Lalu, berapa modal yang diperlukan dan berapa lama Anda akan mengumpulkannya. Buat target bagi diri Anda sendiri, kapan Anda akan berhenti bekerja dan konsentrasi membangun usaha, atau Anda ingin meniti karier di perusahaan Anda, lalu menginvestasikan saja uang Anda, dan membiarkan orang lain mengelolanya.

Belajar dari pengalaman orang lain dan membaca buku-buku bisnis turut membantu memperkaya dan memperluas wawasan bisnis. (*/Republika.co.id)

http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/47-memulai-bisnis/19733-memulai-bisnis-sendiri-simak-trik-berikut.html

No comments:

Post a Comment