Tuesday, January 3, 2012

Merefleksikan Citra Visual Bisnis Anda

Views :256 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 03 Januari 2012 10:26
citra0112Menciptakan sebuah citra visual profesional adalah kunci untuk menuju keberhasilan dalam bisnis. Lagipula citra tersebut, seperti terlihat pada materi-materi pemasaran, pengemasan, dan situs merupakan yang pertama dan kadang satu-satunya peluang yang Anda miliki untuk memperkenalkan perusahaan kepada pelanggan potensial. Jika calon pelanggan Anda menyukai apa yang mereka lihat, semakin besar kesempatan mendapatkan kerjasama dengan mereka.

Jadi bagaimana Anda menentukan citra yang tepat untuk perusahaan Anda? Tidak perlu menjadi seorang ilmuwan, atau bahkan sebuah agen iklan, untuk melakukan hal ini. Yang dibutuhkan hanya pemikiran strategis Anda.

Untuk para pebisnis pemula, citra Anda harus mencerminkan kepribadian perusahaan yang pada tingkatan tertentu adalah juga kepribadian Anda sebagai pemilik usaha. Citra juga seharusnya merefleksikan industri Anda, bersamaan dengan harapan pelanggan dan atribut produk serta layanan yang turut menentukan definisi perusahaan Anda.
Untuk itu, perlu ditekankan terdapat tiga kategori citra dasar: "Gaya", "Keberanian", dan "Teknologi Tinggi". Untuk melihat kategori citra mana yang cocok untuk perusahaan Anda, ikuti kuis di bawah ini:

1. Bagaimana Anda menginginkan pelanggan melihat perusahaan Anda? (Pilih salah satu)
a. Progresif.  
b. Dapat diandalkan.  
c. Ramah dan/ atau mudah diajak bicara.

2. Sehubungan dengan produk atau layanan, Anda berencana untuk:
a. Memungut lebih dari harga pesaing.  
b. Memungut kurang dari harga pesaing.  
c. Memungut harga yang sama tetapi memberi nilai tambah dengan cara lain. (misal, layanan yang lebih baik)

3. Mengapa Anda memulai bisnis sendiri?
a. Saya benar-benar mengetahui seluk beluk industri ini.
b. Saya melihat peluang pasar dan saya meresponnya.
c. Saya menyukai apa yang saya kerjakan dan saya ahli dalam bidang ini.

4. Kelompok kata apa yang paling cocok menggambarkan diri Anda?
a. Ramah, berpikiran terbuka, bergaya.
b. Suka menganalisis, dapat diandalkan, teratur.
c. Progresif, spontan, suka mengambil risiko.

5. Pelanggan Anda:
a. Adalah orang-orang yang menghindari risiko dan/ atau kolot secara keuangan.
b. Membutuhkan sesuatu yang unik atau kreatif.
c. Menginginkan teknologi terbaru.

Penilaian skor:
1. a)5 poin; b) 3 poin; c) 1 poin
2. a)5 poin; b) 3 poin; c) 1 poin
3. a)3 poin; b) 5 poin; c) 1 poin
4. a)1 poin; b) 3 poin; c) 5 poin
5. a)3 poin; b) 1 poin; c) 5 poin


Jika skor Anda di antara 5-11, citra yang dianjurkan untuk Anda ialah:
GAYA
Citra Anda harus menunjukkan kreativitas proyek, fleksibiltas, dan keramahtamahan. Materi promosi Anda harus kreatif dan unik. Contoh desain termasuk fontasi bulat, garis melengkung, dan fotografi atau ilustrasi hangat.

Jika skor Anda di antara 12-19, citra yang diajurkan untuk Anda ialah:
KEBERANIAN
Citra Anda harus memproyeksikan pengalaman, kekuatan, dan stabilitas. Desain dan nada materi promosi anda harus konservatif, bukan trendi atau penuh kejutan. Pertimbangkan untuk menggunakan jenis huruf Helvetica dan Times New Roman, banyak ruang putih, dan fotografi empat warna.

Jika skor Anda di antara 20-25, citra yang dianjurkan untuk Anda ialah:
TEKNOLOGI TINGGI
Citra Anda harus merefleksikan inovasi dan keahlian teknologi. Materi promosi Anda harus enerjik dan menarik. Jenis huruf miring, grafis yang tebal, dan fotografi yang dinamis akan menunjukkan citra Anda dengan baik.

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/13956-merefleksikan-citra-visual-bisnis-anda.html

No comments:

Post a Comment