Friday, January 27, 2012

TAWARAN KEMITRAAN KURSUS WIRAUSAHA

Peluang Usaha

 
Jumat, 27 Januari 2012 | 14:36  oleh Fahriyadi
TAWARAN KEMITRAAN KURSUS WIRAUSAHA
Menggaet laba dari para calon pengusaha
Sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sudah terbukti tahan terhadap krisis ekonomi. Makanya, banyak orang yang ingin menjadi pengusaha mikro, kecil, dan menengah.

Tapi, banyak orang yang masih bingung dari mana mereka harus memulai. Melihat peluang ini, CV Tristar yang berlokasi di Surabaya sejak 1998 lalu mendirikan Kursus Tristar, yakni sebuah pelatihan kilat untuk seseorang yang ingin memulai berbisnis.

Juwono Saroso, pemilik Tristar, mengatakan bahwa Kursus Tristar bertujuan untuk mengorbitkan para pengusaha lokal yang potensial sehingga mampu memiliki daya saing yang kuat di pasar nasional. "Kami melihat, minat untuk memulai usaha cukup besar, tapi sayang minim pengetahuan dan penyuluhan," ucapnya.

Setelah melihat begitu besarnya minat dan antusias publik terhadap Kursus Tristar, akhirnya pada 2008, lelaki 44 tahun ini memutuskan untuk mewaralabakan usaha pelatihannya itu. "Kini, kami telah memiliki empat mitra di Jakarta, Solo, Bandarlampung, dan Balikpapan," ungkap Juwono.

Tujuan Juwono mewaralabakan usaha pelatihannya, yang ia klaim sudah mencetak ribuan pengusaha kecil dan menengah, bukan semata untuk ekspansi bisnis. Tetapi juga, untuk menampung keinginan masyarakat soal bagaimana caranya memulai usaha yang kebanyakan datang dari daerah.

Menurut Juwono, Kursus Tristar sejauh ini telah berhasil mengembangkan pelatihan usaha di bidang makanan, kerajinan, pertanian, pelapisan logam, dan pembuatan kosmetik, yang tidak butuh modal besar dan bersifat home industry atau industri rumahan

Juwono mengungkapkan, keunikan Kursus Tristar ketimbang pelatihan UMKM lainnya adalah materi yang sesuai dengan kebutuhan pasar. "Setiap waktu materi selalu berubah menyesuaikan tren bisnis yang sedang berkembang," katanya.

Anda berminat menjadi mitra Kursus Tristar? Siapkan saja dana sebesar Rp 500 juta. Dari nilai investasi itu, mitra akan mendapat perlengkapan pelatihan mengajar senilai Rp 300 juta, seperti proyektor plus layar, sound system, dan alat-alat pelatihan yang disesuaikan dengan praktik bisnis yang akan diajarkan, serta fasilitas promosi. Sedang sisa investasi sebanyak Rp 200 juta untuk franchise fee selama lima tahun.

Untuk menjaga kualitas pengajaran, Tristar akan mengirim tenaga pengajar yang kompeten di setiap bidang usaha. Tapi, Juwono memberikan kebebasan kepada mitranya untuk membuka kelas tentang berbagai macam usaha yang potensial di daerahnya. "Kekuatan kami adalah selalu menampung keinginan dari publik tentang bisnis yang potensial untuk digeluti," imbuhnya.

Yang tak kalah penting, Juwono membeberkan, Kursus Tristar selalu mengedepankan sisi praktik ketimbang teori. Pasalnya, usaha membutuhkan lebih banyak praktik di lapangan bukan sekadar hitung-hitungan di atas kertas.

Dengan menggaet 40-50 peserta kursus untuk dua kelas dengan dua materi usaha berbeda, mitra bisa mengantongi omzet Rp 100 juta per bulan. Biaya Kursus Tristar mulai Rp 300.000 hingga Rp 5 juta per peserta untuk dua sampai lima kali pertemuan setiap bulan. Setiap pertemuan berlangsung selama lima jam.

Juwono berharap, ke depan Kursus Tristar bisa bercokol di Yogyakarta dan Denpasar. "Karena daerah itu potensial," tuturnya.

Peluang bisnis kursus menjadi pengusaha kecil dan menengah di Indonesia juga masih terbuka lebar. Soalnya, pesaingnya belum banyak. Namun, Juwono mengakui, cara mempromosikan usaha ini tak semudah kursus bahasa Inggris atau bimbingan belajar. "Makanya, kami menarik royalty fee sebagai bagian dari biaya promosi bersama," ujarnya.

Amir Karamoy, Ketua Dewan Pengarah Waralaba dan Lisence Indonesia (Wali) menilai, kursus pelatihan usaha merupakan bisnis yang cukup menarik. Tapi memang harus diakui pengelolaannya tak segampang kursus komputer atau bahasa Inggris. "Hal yang paling mendasar adalah sulitnya mencari tenaga pengajar yang kompeten di bidang usaha," beber dia.

Jadi, Amir berpesan, jika ingin usaha ini maju, berikan bukti kepada calon mitra bahwa sudah banyak anak didiknya yang menjadi pengusaha sukses.


Kursus Tristar
Jl. Rungkut Mapan Utara CA-24 Surabaya
Telp. 031-8794764-65
Fax. 031-8722794
Hp. 0857 31051010

Sumber:
http://peluangusaha.kontan.co.id/news/menggaet-laba-dari-para-calon-pengusaha

1 comment: