Wednesday, January 25, 2012

Unsur-unsur dalam Ketrampilan Marketing Entrepreneur Sukses

Views :391 Times PDF Cetak E-mail
Rabu, 25 Januari 2012 13:21
business-communityEntrepreneur memiliki banyak sekali peran. Salah satunya, yang mungkin paling penting, adalah perannya sebagai seorang marketer. Banyak entrepreneur hebat dunia yang tak hanya hebat dalam berinovasi dan kepemimpinan. Mereka ini juga sangat piawai dalam marketing. Contoh yang paling menonjol mungkin adalah alm. Steve Jobs yang berhasil menjual 100 komputer Mac di awal pendirian Apple.

Berikut adalah 11 unsur penting yang bisa kita temui dalam diri seorang marketer berpengalaman yang juga semestinya dipelajari oleh entrepreneur:

1. Mereka memiliki pandangan unik tentang lingkungan di mana mereka berada, yang mereka gunakan untuk menemukan peluang yang orang lain sering abaikan atau justru orang alin anggap sebagai masalah yang harus diberantas.

2. Mereka mengembangkan strategi marketing baru yang menggunakan pandangan unik mereka. Mereka memandang pihak yang berkuasa dan lebih mapan serta kebijakan konvesnional sebagai hal yang harus ditantang.

3. Mereka mengambil risiko yang orang lain (yang kurang atau tidak memiliki visis setinggi mereka) pandang sebagai kebodohan.

4. Mereka hidup dalam ketakutan  jika tersingkir dari pasar.

5. Mereka dengan agresifnya berkompetisi satu sama lain.

6. Mereka menimbang masak-masak implikasi dari strategi yang diajukan, menelaahnya berdasarkan pengetahuan mengenai bagaimana sebuah pasar bergerak. Mereka menemukan dan memecahkan masalah yang orang lain tidak akan kenali.

7. Mereka sangat telit dan cermat dengan detil dan selalu mencari keuntungan kompetitif dalam aspek kualitas dan pengurangan biaya, seberapapun kecilnya.

8. Mereka memimpin dari depan, mengeksekusi strategi manajemen dengan sikap yang antusias dan otokratis. Mereka menjaga kendali informasi dengan ketat saat mereka mendelegasikan pekerjaaan.

9. Mereka mendorong diri mereka sendiri dan bawahannya.

10. Mereka siap siaga untuk mengadaptasi strategi dengan cepat dan terus menyesuaikan strategi yang ada saat bekeerja. Mereka sangat tekun dan tak mudah menyerah setelah orang lain sudha menyerah.

11. Mereka memiliki visi yang jelas mengenai apa yang mereka inginkan untuk capai kemudian. Mereka melihat ke depan lebih baik daripada manajer pada umumnya.

(*sumber: Peter R. Dickson, "Marketing Management")

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/175-penjualan-dan-pemasaran/14612-unsur-unsur-dalam-ketrampilan-marketing-entrepreneur-sukses.html

No comments:

Post a Comment