Tuesday, January 17, 2012

Pilihlah Mitra Bisnis dengan Teliti

Views :211 Times PDF Cetak E-mail
Selasa, 17 Januari 2012 11:11
partner0112Memiliki seorang mitra menghadirkan sejumlah masalah bisnis serta masalah antarpribadi yang rumit. Keduanya tentunya harus ditangani agar dapat berjalan sesuai harapan. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda tempuh saat mempertimbangkan memilih mitra bisnis.

Apabila tujuan utama Anda adalah untuk memiliki seseorang untuk dapat berdiskusi bersama dan membantu memajukan bisnis Anda, mungkin terdapat pilihan lainnya selain mempunyai seorang mitra. Seorang konsultan atau pembimbing bisnis kecil dapat memiliki kemampuan untuk mengisi peran tersebut. Dalam kasus tersebut, Anda akan memetik manfaat dari sebuah pemikiran yang terdedikasi secara objektif tetapi Anda  masih akan menentukan keputusan akhir.

Demikian pula, jika modal tambahan dibutuhkan, terdapat beberapa alternatif selain memberikan kesetaraan yang telah susah payah Anda dapat. Utang biasanya lebih disukai daripada kesetaraan kecuali jika sang mitra dapat memberikan nilai tambah kepada bisnis Anda. Jika seorang mitra sejajar dapat membuka sebuah pasar baru yang dapat disesuaikan, dapat memikul sebuah tanggung jawab penting atau memberikan sumber daya yang berharga, mungkin ia pantas untuk dipertimbangkan secara serius.

Buatlah keputusan Anda dalam memiliki seorang mitra berdasarkan pada logika dan alasan yang kuat. Berhati-hatilah jika Anda hanya bertujuan untuk mengalihkan tanggung jawab kepada orang lain yang akan menyetujui.

Tujuan kemitraan seharusnya sudah jelas sejak awal dalam benak Anda. Anda kemudian bersiap untuk menentukan kualitas dan aset yang akan dibawa sang mitra potensial. Sebuah kemitraan biasanya merupakan sebuah kerjasama jangka panjang, sehingga berpikirlah panjang tentang apakah Anda sudah siap atau belum untuk tingkat komitmen semacam itu.

Jika Anda yakin bahwa seorang mitra adalah yang dibutuhkan, Anda harus memilih dengan sangat teliti. Berikut ini adalah pendekatan yang dapat diambil.

Mulai dengan kelebihan-kelebihan Anda sendiriPertama-tama, buatlah sebuah draft deskripsi pekerjaan untuk Anda sendiri. Rencanakan untuk berlanjut melakukan hal terbaik yang bisa Anda lakukan. Anda akan menghendaki mitra Anda untuk menjadi seseorang dengan ketrampilan dan pengetahuan yang melengkapi Anda. Tentukan peranan apa yang mitra Aanda mau mainkan dalam operasi dan pengambilan keputusan. Ingatlah bahwa sebuah kemitraan tidak harus selalu sama rata.

Kenali nilai-nilai yang Anda cariApakah orang tersebut mengisi peran atau fungsi mitra sebagai seorang anggota tim kunci, ia akan mempengaruhi citra perusahaan baik secara internal maupun eksternal. Jika komitmen, integritas, dan kejujuran adalah kualitas yang penting bagi Anda, tekankan pentingnya kriteria tersebut terutama mengenai bagaimana Anda akan menentukan apakah nilai-nilai tersebut dimiliki oleh tiap individu yang sedang dipertimbangkan sebagai mitra.

BicaralahBiarkan orang-orang dalam jaringan Anda mengetahui apa yang sedang Anda cari. Para pemasok, pelanggan, dan rekan sejawat lainnya mungkin dapat memberikan rekomendasi yang tepat tetapi gunakan akal sehat dan kebijaksanaan Anda saat menentukan siapa yang harus diberitahu. Berikan penekanan terhadap apa yang Anda anggap penting.

Berpikir secara terbukaAnda mungkin menemukan seseorang yang bisa menjadi mitra kerja ideal tetapi ia tidak mempunyai uang untuk diinvestasikan. Anda bisa juga menemukan investor potensial yang tidak bersedia menjadi mitra kerja. Menemukan mitra kerja ideal yang juga mempunyai dana merupakan sesuatu yang sulit. Terbukalah terhadap apa yang paling masuk akal bagi Anda dan bisnis Anda.

Pelajari semua yang Anda dapat pelajari mengenai mitra potensialPeriksa referensi dan catatan kredit, bahkan jika Anda mengenal orang tersebut dengan sangat baik. Hal ini sangat penting jika orang tersebut akan menjadi mitra sejajar Anda. Tanyakan pertanyaan untuk menentukan kemampuan, motivasi, dan dorongan yang dimiliki orang tersebut sebagai permulaan. Anda akan mampu untuk memberikan tanggung jawab dengan penuh percaya diri karena Anda telah mengetahui bahwa ada insentif yang nyata untuk pekerjaan tersebut agar selesai.

Tantangannya adalah menemukan orang yang tepat saat pertama kali. Sebelum menyetujui perjanjian apapun, mungkin bisa menjadi sebuah ide yang bagus untuk membawa masuk seorang calon sebagai percobaan. Terlalu sering saya menemui mitra bisnis yang tidak sesuai. Apapun perjanjian akhirnya, pastikan Anda menentukan persyaratannya secara tertulis dengan bantuan penasihat hukum Anda.

Mengikuti langkah-langkah ini akan memastikan kemitraan bisnis Anda siap menuju awal yang baik dan berdasarkan pondasi yang kokoh agar dapat menumbuhkan sebuah bisnis yang kuat dan dapat menghasilkan banyak untung. (*/dari berbagai sumber)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/14384-pilihlah-mitra-bisnis-dengan-teliti.html

No comments:

Post a Comment