Friday, January 20, 2012

Trik Membangun Komunitas Bisnis


Views :284 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 20 Januari 2012 08:33
Membangun komunitas bisnis bisa menjadi hal yang esensial bagi kemampuan perusahaan dalam menghadapi derasnya arus persaingan. Komunitas bisnis umumnya meliputi klien, stakeholder dan sosok-sosok lain yang berkenaan dengan bisnis Anda.

business-communityTak ada bisnis rintisan yang tiba-tiba dan secara otomatis mempunyai komunitas bisnis yang solid. Sama dengan meraih kesuksesan dalam berbisnis, membentuk komunitas bisnis juga membutuhkan proses, waktu dan usaha keras, terutama bila industri yang Anda geluti sarat akan persaingan dengan perusahaan-perusahaan yang sudah memiliki nama. Cara terbaik dalam membangun komunitas bisnis adalah dengan mengombinasikan networking, riset dan marketing.

Seperti yang dilansir dari laman eHow, berikut kami paparkan beberapa trik membangun komunitas bisnis.

*1. Beri kesempatan kepada stakeholder dan konsumen untuk melakukan feedback dengan misalnya membuat form secara online yang berisi saran dan kritikan di website atau bisa juga dengan mengirim surat elektronik berupa survei kepada mereka.

Bila bisnis Anda sering mengadakan seminar atau pelatihan, sesi tanya jawab juga bisa dijadikan sumber umpan balik yang layak dipublikasikan.

*2. Manfaatkan kecanggihan teknologi di era digital ini untuk membangun komunitas bisnis. Caranya, login ke beberapa jejaring sosial yang memiliki akun follower banyak seperti Facebook, Twitter dan sebagainya serta turut berpartisipasi dalam segenap forum online yang banyak menghiasi jagat maya.

Anda juga bisa memakai cara lain seperti terus meng-update blog beberapa hari sekali dan jangan lupa untuk mem-posting-nya di situs perusahaan, newsletter atau email. Buat juga keyword searching yang berkenaan dengan jenis industri, bidang bisnis atau produk agar Anda bisa memeroleh konsep dasar tentang apa yang diinginkan atau dikatakan masyarakat.

*3. Lakukan riset pasar. Hubungi organisasi-organisasi yang berkenaan dengan industri dan bisnis Anda untuk memeroleh data yang bisa membantu Anda dalam menganalisis pasar serta kondisi finansialnya. Cara ini memberikan indikasi bagi Anda mengenai bagaimana melibatkan dan menjangkau klien serta stakeholder Anda.

*4. Sediakan waktu untuk bertemu secara langsung pihak-pihak yang berhubungan dengan industri Anda dalam sebuah acara khusus seperti makan siang bersama, gathering untuk mengenal klien sekaligus mempromosikan produk Anda.

*5. Menjadi sponsor. Dengan menjadi sponsor dalam sebuah acara seminar atau event bisnis lainnya, Anda memang wajib menyisihkan biaya tambahan tapi profit yang didapat juga seimbang dengan yang dikeluarkan. Anda bisa meraih promosi serta kredibilitas dari pihak penyelenggara event, peserta dan pihak lainnya.

*6. Kembangkan teknik komunikasi Anda dan tuangkan dalam bentuk teks email ataupun kemampuan bicara saat bertemu secara langsung dengan klien, konsumen atau stakeholder. Hal ini bisa membantu Anda untuk meraih kepercayaan dari pihak-pihak terkait.

Perlu diingat, meski Anda susah payah dalam melakukan networking tapi orang-orang yang terlibat di dalamnya takkan mudah begitu saja mengingat siapa Anda atau bisnis apa yang sedang Anda tekuni. Karena itu, teknik komunikasi yang mumpuni dibutuhkan untuk membangun hubungan secara personal. (*/ely)

Sumber:
http://ciputraentrepreneurship.com/tips-bisnis/174-rencana-bisnis/14464-trik-membangun-komunitas-bisnis.html

1 comment: