Thursday, January 19, 2012

8 Tipe Entrepreneur



Views :1650 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 19 Januari 2012 15:18
Entrepreneurial-SpiritSebagian entrepreneur memilih jalan aman dengan tekun melakoni bisnisnya yang telah berjalan sementara sebagian lainnya lebih menyukai melakoni dunia bisnis melalui caranya sendiri yang tak jarang menuai pujian atau bahkan kritikan tajam.

Dilansir dari laman eHow, secara umum, entrepreneur adalah seseorang yang mengorganisasikan dan kemudian menjalankan bisnis. Definisi yang begitu umum tersebut menghasilkan beragam jenis bisnis serta bermacam tipe entrepreneur.

#1. Memproduksi

Banyak entrepreneur yang hasilkan pendapatan dengan memproduksi barang dan menjualnya ke pasaran. Seorang pelaku bisnis yang menciptakan T-shirt dengan slogan yang tak lazim misalnya, mewakili tipe entrepreneurship ini.

Tergantung dengan jenis barang yang diciptakannya, dia bisa memproduksinya dengan kedua tangannya sendiri atau bekerja sama dengan perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur.

#2. Menciptakan penemuan

Beberapa entrepreneur dikenal sebagai inovator yang menciptakan penemuan baru untuk kemudian dipasarkan. Tipe entrepreneur seperti ini harus menginformasikan penemuannya kepada publik agar diakui dan diminati oleh masyarakat.

#3. Memberi pelayanan

Selain menjual produk berupa barang, beberapa entrepreneur melirik jasa sebagai sumber pendapatan. Beberapa contoh bidang jasa yang digeluti entrepreneur adalah pencucian mobil atau motor, salon kecantikan dan sebagainya.

#4. Jasa perawatan

Entrepreneur juga bisa mencetak penghasilan dengan menawarkan jasa perawatan untuk orang yang membutuhkan. Tipe entrepreneur ini hampir mirip dengan entrepreneur yang memberi jasa pelayanan kepada konsumen (no. 3). Namun dalam hal ini, jasa yang ditawarkan sangat spesifik.

Entrepreneur yang ingin melirik industri caretaking ini bisa memulai membangun perusahaan yang menawarkan jasa merawat lansia atau menjaga rumah yang ditinggalkan si pemiliknya untuk berlibur.

#5. Investasi

Ada entrepreneur yang tidak memproduksi dan menjual serta juga tidak menawarkan jasa untuk memeroleh penghasilan. Lalu bagaimana mereka menghasilkan pundi-pundi uang? Caranya dengan berinvestasi.

Entrepreneur yang memilih bidang ini akan menginvestasikan dan mengelola investasi tersebut untuk melipatgandakan modal yang diinvestasikannya.

#6. Mengorganisasi

Bagi yang berbakat di bidang pengorganisasian bisa mencetak uang dengan membuat bisnis merencanakan serta menggelar event atau mengorganisasi sekelompok orang dalam masyarakat. Entrepreneur di bisnis ini bisa mendirikan perusahaan wedding organizer atau promotor acara musik dan lain sebagainya.

#7. Memodernisasi

Beberapa entrepreneur mendatangkan penghasilan dengan memodernisasi sesuatu yang telah ada sebelumnya. Jenis usaha ini hampir serupa dengan entrepreneur yang menciptakan penemuan yakni memberi kesempatan kepada konsumen untuk menggunakan produk yang belum ada sebelumnya di pasaran, seakan-akan menawan konsumen dengan tak memberi kesempatan kepada mereka untuk melirik produk yang sama jenisnya.

#8. Membentuk jaringan

Entrepreneur dengan kemampuan mengorganisir khalayak serta keahlian menjalin relasi dengan orang lain bisa mencetak penghasilan dengan menciptakan jaringan atau komunitas. Bila komunitas memiliki banyak anggota, entrepreneur tipe ini bisa menggaet industri besar untuk mempromosikan ataupun menawarkan produknya di dalam komunitasnya tersebut.

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/pendidikan/serba-serbi/165-entrepreneurship/14459-8-tipe-entrepreneur.html

No comments:

Post a Comment