Monday, January 23, 2012

Peluang ekspor kepiting tetap menggiurkan

Industri

 
Senin, 23 Januari 2012 | 15:38  oleh Handoyo
EKSPOR KEPITING
Peluang ekspor kepiting tetap menggiurkan
JAKARTA. Krisis perekonomian yang melanda Amerika Serikat (AS) dan Eropa nampaknya tidak mempengaruhi kinerja ekspor produk kepiting olahan. Terbukti, saat ini ada perusahaan yang melebarkan saya ekspor hewan bernama latin callinectes sapidus ini.

Saimi Saleh, Direktur PT Graha Makmur Cipta Pratama, salah satu eksportir kepiting olahan mengungkapkan, ceruk pasar ekspor kepiting masih tersedia walaupun ada krisis ekonomi global. "Krisis perekonomian tidak terlalu berpengaruh industri makanan," kata Saimi kepada KONTAN (20/1).

Sekedar informasi, PT Graha Makmur Cipta Pratama merupakan anak usaha dari Indokom Group yang berdiri sejak tahun 1994 dan awalnya bergerak dibidang ekspor kopi dan tambak udang.

Mulai beroperasi pada November 2011 lalu, Saimi bilang dalam sebulan, PT Graha Makmur Cipta Pratama memperoleh pendapatan US$ 1 juta. Melihat peluang yang cukup menjanjikan itu, tahun ini PT Graha makmur Cipta Pratama menargetkan pendapatan US$ 40 juta.

Saimi menceritakan, hingga awal tahun ini saja sudah ada pemesanan kepiting olahan sebanyak empat kontainer atau setara dengan 60 ton dengan nilai lebih dari US$ 1 juta. "Kita juga menargetkan tahun 2014 bisa menembus ekspor US$ 200 juta," ujar Saimi.

Saat ini keseluruhan produksi PT Graha makmur Cipta Pratama membidik pasar ekspor dengan negara tujuan seperti Amerika, Eropa, China, Jepang dan Timur Tengah. Masih belum dibidiknya pasar domestik tidak lain karena masih minimnya permintaan. Dibandingkan dengan jenis produk olahan laut yang lain, harga jual kepiting olahan masih relaif mahal.

Kepiting olahan produksi PT Graha Makmur Cipta Pratama ini dibanderolnya dengan harga US$ 22 per kg. Sementara untuk biaya produksinya bisa mencapai US$ 17 per kg-US$ 19 per kg. "Kalau kepiting susah didapat, margin keuntungan menjadi lebih rendah lagi," kata Saimi.

Sumber:
http://industri.kontan.co.id/news/peluang-ekspor-kepiting-tetap-menggiurkan

No comments:

Post a Comment

Post a Comment