Thursday, January 26, 2012

Sumber-sumber Informasi bagi Entrepreneur


Views :223 Times PDF Cetak E-mail
Kamis, 26 Januari 2012 13:56
Terdapat tiga sumber data informasi utama yang berhubungan dengan pola pikir entrepreneurial. Sumber pertama ialah publikasi atau terbitan ilmiah dan resmi, baik yang berdasarkan penelitian dan bersifat populer. Berikut adalah sebagian di antara publikasi yang dipandang paling penting mengenai entrepreneurship bagi para entrepreneur yang ingin terus belajar:

Jurnal profesi dan teknik
Jurnal ini dikelola dengan objektif dan memuat artikel-artikel yang berhubungan dengan penelitian (metodologi, hasil dan penerapan hasil) yang didesain dengan baik dan terstruktur dengan rapi. Contohnya ialah Entrepreneurship Theory and Practice, Journal of Business Venturing, Journal of Small Business Management, Strategic Management Journal, Journal of Small Business Strategy, Academy of Management Review, Academy of Management Journal, Family Business Review, dan Strategic Entrepreneurship Journal.

Buku teks mengenai entrepreneurship
Buku-buku teks ini biasanya membahas mengenai pengelolaan usaha baru dan organisasi yang bergerak dalam bidang entrepreneurship. Bagian atau bab sering ditujukan untuk membahas penelitian mengenai entrepreneur. Misalnya New Venture Creation, New Venture Management, Entrepreneurship dan Corporate Entrepreneurship and Innovation.

Buku mengenai entrepreneurship
Sebagian besar buku-buku ini ditulis sebagai buku panduan pelaksanaan dari praktisi kepada khalayak umum. Sebagian berkenaan dengan masalah-masalah yang dialami orang yang ignin memulai sebuah bisnis. Yang lain membahas tentang aspek spesifik tentang sebuah tema. Contohnya ialah Startup, In the Owner’s Chair, Rethinking Marketing: The Entrepreneurial Imperative, Nuts dan The Breakthrough Company.

Biografi atau otobiografi entrepreneur
Yang banyak kita kenal misalnya Business at The Speed of Thought dan Radicals and Visionaries.

Ringkasan mengenai entrepreneur
Ringkasan ini berupa kumpulan informasi yang berhubungan dengan sejumlah orang terpilih atau ulasan-ulasan yang menyinggung tren umum yang ditemui dalam masyarakat. Contohnya ialah The Entrepreneurs yang menjadi ringkasan informasi tentang entrepreneur unggul yang masih hidup, The Venture Cafe yang mengulas mengenai strategi dan kisah dari usaha-usaha rintisan teknologi tinggi.

Terbitan berkala
Banyak koran dan terbitan berkala sejenis yang memuat kisah-kisah entrepreneur secara teratur dan periodik. Contohnya yaitu Business Week, Fortune, US News and World Report, Forbes, The Wall Street Journal, dan sebagainya.

InternetDengan hanya menggunakan mesin pencari dan berbekal kata kunci “kisah entrepreneur sukses”, Anda sudah bisa menemukan tak kurang dari 229.000 sumber potensial dalam satu kali pencarian. Banyak blog dan situs yang memuat kisah sukses entrepreneur pula. Satu contoh yakni www.sba.gov yang dikelola oleh the Small Business Administration (SBA).


Newsletter
Sejumlah newsletter dan berita secara periodis memuat kisah eksklusif tentang entrepreneurship. Newsletter dari The Liaison, dari the US Association for Small Business and Entrepreneurship.

Makalah konferensi
Terdapat beberapa publikasi  konferensi periodik atau tahunan berhubungan sedikit banyak dengan entrepreneurship. Misalnya Proceedings of the Academy of Management, Proceedings of the International Council for Smalll Business, Proceedings of the US Association for Small Business and Entrepreneurship, dan Frontiers in Entrepreneurship Research

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/pendidikan/serba-serbi/165-entrepreneurship/14641-sumber-sumber-informasi-bagi-entrepreneur.html

No comments:

Post a Comment