Friday, January 13, 2012

Bank dan Jasa Pengiriman, Partner Wajib Bisnis Online

Bank dan Jasa Pengiriman, Partner Wajib Bisnis Online Views :533 Times PDF Cetak E-mail
Jumat, 13 Januari 2012 09:29
online0112Bisnis secara online kini semakin menjadi pilihan, karena modal dan biaya operasionalnya relatif kecil. Selain itu, Anda juga tidak terikat waktu dan tempat, sehingga bisa mengerjakan pekerjaan lain tanpa harus menunggui produk yang Anda jual.

Karena pembeli tidak bertemu langsung dengan Anda, mereka harus membayar barang melalui bank (transfer atau melalui kartu kredit). Anda pun harus memberikan barang melalui jasa pengiriman. Oleh karena itu, bank dan perusahaan jasa pengiriman menjadi dua partner yang wajib Anda miliki ketika merintis bisnis ini. Nah, bagaimana menentukan siapa yang layak menjadi partner ini?

Pilihlah bank yang mempunyai jaringan di seluruh Indonesia agar si pembeli mudah melakukan pembayaran. Seperti BCA, BNI, Mandiri, dan lain-lain. Ingat, jangan memilih bank yang tidak mempunyai jaringan yang baik, sebab akan mempersulit bisnis Anda.

Ada dua cara pembayaran untuk bisnis online. Pertama, bayar di muka. Artinya pembeli membayar terlebih dahulu, barulah barang dikirim. Kedua adalah membayar saat barang diterima alias cash on delivery (COD). Artinya, pembeli membayar setelah barang sudah dikirim. Pilih mana yang Anda anggap cocok. Namun, pengusaha online sebaiknya memilih metode bayar dimuka untuk mengantisipasi terjadinya penipuan. Jangan sampai pesanan sudah dikirim, tapi pembayaran tidak diterima karena pembeli kabur.

Selain itu, perhatikan nama Anda yang tertera di situs. Harus lengkap dan jelas, sesuai dengan nama yang terdaftar di bank. Bila terdapat satu kesalahan huruf saja dalam penulisan, pembayaran tidak akan diterima, dan ini akan memperlambat proses transaksi jual-beli.

Anda juga dapat menerima pembayaran menggunakan PayPal ataupun kartu kredit.

Untuk perusahaan jasa pengiriman, pilihlah yang mempunyai jaringan yang baik di seluruh Indonesia, seperti Tiki, DHL, Kantor Pos, FedEx, dan lain-lain.

Anda juga bisa bekerja sama dengan perusahaan jasa pengiriman agar mendapatkan harga khusus. Pilih juga perusahaan jasa pengiriman yang tidak begitu jauh dari rumah atau tempat usaha Anda. Ini akan memudahkan saat melakukan pengiriman barang. Ketika pengiriman barang berlangsung, Anda harus tetap berkomunikasi dengan perusahaan jasa pengiriman. Jadi ketika si pembeli menanyakan barangnya yang belum datang, Anda bisa memberikan jawaban yang memuaskan. (*/Majalah Sekar)

Sumber:
http://www.ciputraentrepreneurship.com/index.php/tips-bisnis/178-bisnis-online/14255-bank-dan-jasa-pengiriman-partner-wajib-bisnis-online.html

No comments:

Post a Comment